Faktor risiko apa saja yang dapat meningkatkan risiko atau penyebab kista gigi?

abses

Kista gigi diketahui berupa kantong berisi cairan dan ada gigi pada kantung cairan tersebut sehingga dinamakan demikian. Apa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko atau penyebab kista gigi?

Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko atau penyebab kista gigi antara lain adalah:

  • Trauma

  • Cedera pada area gusi dan gigi.

  • Sindrom genetik pada kasus yang cukup langka, seperti misalnya Sindrom Gorlin.

  • Gangguan pada pertumbuhan gigi sehingga gigi tidak berkembang dengan cukup baik sehingga gigi malah justru bisa terbenam di dalam gusi.

  • Perawatan sumber gigi tidaklah dilakukan dengan baik dan benar.

Timbulnya kista yang disebut dengan kista radikular diawali dengan karies pada gigi. Karies gigi sendiri merupakan suatu kondisi infeksi yang berisiko menyebabkan struktur gigi rusak dan bukan tak mungkin karies menyebar tak hanya dari gigi ke gigi lain. Penjalaran karies bisa sampai pada ujung akar gigi dan tanpa adanya perawatan gigi yang benar, kista radikular adalah efeknya.

Waktu menjalarnya infeksi hingga sampai di bagian ujung akar tergolong lama, belum lagi ditambah dengan abses berisi nanah yang terbentuk mendahului kista dan ada perubahan menjadi granuloma juga. Abses bisa saja langsung menjadi kista tanpa berubah menjadi granuloma lebih dulu dan hal ini ditentukan oleh pengaruh bakteri itu sendiri serta tingkat kekebalan tubuh penderita.

Sumber: https://halosehat.com/penyakit/kista/kista-gigi-yang-ganas