Faktor-Faktor apa yang mempengaruhi Kebijaksanaan Dalam Perencanaan Anggaran?

Rencana anggaran

Rencana anggaran adalah rencana untuk pendapatan dan pengeluaran perusahaan di masa depan yang bisa digunakan sebagai panduan untuk mengelola finansial dan pembelanjaan.

Faktor-Faktor apa yang mempengaruhi Kebijaksanaan Dalam Perencanaan Anggaran ?

Seorang manajer dalam suatu perusahaan tentu saja dapat menyusun rencana untuk kegiatan perusahaannya. Berapa volume output yang akan dapat dijual, berapa rupiah yang akan diterima dari penjualan itu, berapa volume yang hams diproduksi agar sesuai dengan rencana penjualan. Berapa inventory yang hams disisakan, berapa volume bahan mentah yang digunakan dan sebagainya.

Tetapi seorang manajer tidak dapat mengabaikan beberapa faktor yang mempengaruhi segala perencanaan yang dilakukannya tersebut. Faktor-faktor tersebut adalah :

  1. Produk
  2. Pasar
  3. Kebijaksanaan Distribusi
  4. Rencana Produksi
  5. Rencana Penelitian dan Pengembangan
  6. Organisasi
  7. Finansial.

Kebijaksanaan manajemen dalam perencanaan harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan produk atau barang/jasa yang dihasilkan seperti: trend penjualan, harga produk, disertifikasi produk, kualitas produk, desain produk, style produk, identitas produk (trade mark, bungkusnya).

Sedangkan faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah pasar, dimana produk akan dijual. Berhasilnya suatu produk dipasarkan tergantung pada sifat produk itu sendiri, harga produk, dan kebijaksanaan dalam pemilihan metoda penjualan dan distribusi. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain: data tentang konsumen (pembeli), potensi pasar, kebiasaan membeli, sifat persaingan yang dihadapi.

Setelah memperhitungkan faktor produk dan pasar, juga perlu memperhitungkan cara mencapai pasar tersebut dengan membuat program distribusi dengan memilih dan melatih para salesman, memilih saluran distribusi yang paling tepat, memilih media promosi dan advertensi, dan terakhir menentukan kebijaksanaan harga.

Kemudian masuk ke faktor yang keempat yaitu dengan memperhitungkan yang berhubungan ke program produksi seperti: Bahan mentah dan bahan pembantu, buruh, lokasi pabrik, layout pabrik, kapasitas pabrik, dan proses produksi.

Dengan mengadakan program penelitian dan pengembangan produk- produknya, merupakan pertumbuhan kehidupan perusahaan dalam usaha perusahaan tersebut. Program penelitian dan pengembangan suatu perusahaan ikut mempengaruhi rencana yang disusun oleh manajer perusahaan seperti: besarnya biaya yang diperlukan untuk program penelitian dan pengembangan, ada tidaknya korelasi antara kegiatan penelitian dengan tingkat penjualan, manfaat yang akan diperoleh dari program tersebut dan lain sebagainya.

Sumber :

Narumondang Bulan Siregar, Penyusunan Anggaran Perusahaan sebagai Alat Manajemen dalam Pencapaian Tujuan, Universitas Sumatera Utara

Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan Anggaran antara lain :

1. Faktor intern

Faktor-faktor intern (controlable) antara lain berupa, :

  • data penjualan pada tahun- tahun yang lalu,
  • kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, syarat pembayaran barang yang dijual, promosinya, pemilihan saluran distribusi dan sebagainya,
  • kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan,
  • tenaga kerja yang dimiliki perusahaan, baik jumlahnya maupun keterampilan dan keahliannya,
  • modal kerja yang dimiliki perusahaan,
  • fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki perusahaan dan g) kebijakan-kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perusahaan, baik dibidang pemasaran, produksi, pembelanjaan, administrasi maupun di bidang personalia.

2. Faktor ekstern

Faktor-faktor ekstern (uncontrolable) antara lain berupa,

  • keadaan persaingan,
  • tingkat pertumbuhan penduduk,
  • tingkat penghasilan masyarakat,
  • tingkat penyebaran penduduk,
  • agama, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat,
  • berbagai kebijaksanaan pemerintah, baik dibidang politik, ekonomi, sosial, budaya maupun keamanan,
  • keadaan perekonomian nasional maupun internasional, kemajuan teknologi dan sebagainya.