Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan ?

Penyakit ikan

Penyakit ikan adalah suatu gejala fisiologis ikan yang disebabkan oleh suatu parasit atau faktor lingkungan yang tidak sesuai. Munculnya penyakit pada ikan selain dipengaruhi kondisi ikan yang lemah juga cara penyerangan dari organisme yang menyebabkan penyakit tersebut.

Apa saja faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan?

Faktor penyebab timbulnya penyakit pada ikan

Beberapa faktor ynag menyebabkan timbulnya penyakit pada ikan antara lain sebagai berikut :

  1. Adanya serangan organisme parasit
  2. Lingkungan yang tercemar (ammonia, sulfide atau bahan-bahan kimia beracun)
  3. Lingkungan dengan fluktuasi suhu, pH, salinitas, dan kekeruhan yang besar
  4. Pakan yang tidak sesuai atau gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan ikan
  5. Kondisi tubuh ikan yang lemah karena faktor genetic (kurang kuat menghadapi perubahan lingkungan).

Penyakit ikan terjadi jika ikan (inang), hidup dalam lingkungan perairan yang kurang sesuai untuk kehidupan ikan, tetapi mendukung patogen untuk memperbanyak diri atau berkembang biak. Ini akan menyebabkan perubahan secara patofisiologi pada organ-organ tubuh ikan. Timbulnya serangan penyakit ikan di kolam merupakan hasil interaksi yang tidak serasi antara ikan, kondisi lingkungan dan organisme penyakit.

Interaksi yang tidak serasi ini telah menyebabkan stress pada ikan, sehingga mekanisme pertahanan diri yang dimilikinya menjadi lemah dan akhirnya mudah diserang oleh penyakit. Jika pertahanan tubuh inang lemah dan patogen yang terdapat dalam tubuh inang banyak, tetapi lingkungan tetap sesuai dan mendukung untuk meningkatkan ketahanan tubuh inang maka penyakit tidak akan muncul karena patogen tidak dapat berkembang biak.

Sumber: