Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses penyembuhan luka setelah pencabutan gigi ?

cabut_gigi

(Rheva Maharani) #1

Pencabutan gigi

Pencabutan gigi adalah suatu tindakan mengangkat atau mencabut gigi dari soketnya pada tulang alveolar. Pencabutan gigi dilakukan jika perawatan konservasi gagal dilakukan untuk mempertahankan sebuah gigi.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses penyembuhan luka setelah pencabutan gigi ?


(Fariza Khansa Yuan) #2

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses penyembuhan luka :

  • Umur : Proses penyembuhan luka pada orang muda lebih cepat dibandingkan pada orang tua.

  • Penggunaan pil kontrasepsi : Jika seorang wanita mengkonsumsi pil kontrasepsi dan dia melakukan pencabutan gigi maka kemungkinan terjadinya dry socket akan meningkat akibat tingginya level estrogen. Dry socket akan memperlambat proses penyembuhan luka.

  • Merokok : Merokok memperlambat proses penyembuhan luka pasca pencabutan gigi. Produk-produk toksik yang dihasilkan oleh rokok dapat menurunkan suplai darah pada area luka sehingga menyebabkan iskemi jaringan.

  • Infeksi bakteri : Pada kasus dimana terjadi infeksi, proses penyembuhan luka akan terhambat dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat kembali normal. Hal ini disebabkan karena bakteri dan endotoksinnya dapat menyebabkan pemanjangan peningkatan sitokin pro-inflamasi, interleukin-1 (IL-1) dan TNF-α, sehingga memperpanjang fase inflamasi.

  • Kebersihan mulut : Setelah dilakukan pencabutan gigi, area disekitar soket yang luka harus terjaga kebersihannya. Jika ada makanan yang terselip di sekitar soket tersebut maka dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri patogen sehingga dapat memperpanjang waktu penyembuhan luka.

  • Obat-obatan : Beberapa obat-obatan seperti kortikosteroid dan obat-obat imunosupresif lainnya dapat memperlambat proses penyembuhan luka.