© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman?

Pertumbuhan tanaman

Pertumbuhan tanaman merupakan bertambah besarnya sel yang menyebabkan bertambah besarnya jaringan, organ dan akhirnya menjadi keseluruhan makhluk hidup.

Pertumbuhan tanaman juga dapat ditentukan dengan peningkatan berat kering, tinggi tanaman atau diameter batang, lebih lanjut lagi

Menurut Gardner, dkk (2008), faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, secara luas dikategorikan sebagai faktor eksternal (lingkungan) dan faktor internal (genetik), dikelompokkan sebagai berikut :

Faktor Eksternal

  1. Iklim: cahaya, temperatur, air, panjang hari, angin dan gas (CO2,O2, N2, SO2, nitrogen [N] oksida, Fl, Cl, dan O3). Gas-gas ini seringkali merupakan polutan atmosfer (kecuali untuk tiga gas pertama) dan konsentrasinya dapat cukup tinggi untuk penghambat pertumbuhan.

  2. Edafik (tanah): tekstur, struktur, bahan organik, kapasitas pertukaran kation (KTK), pH, kejenuhan basa, dan ketersediaan nutisi.

  3. Biologis: Gulma, serangga, organisme penyebab penyakit, nematoda, macam-macam tipe herbivora, dan mikroorganisme tanah.

Faktor Internal

  1. Ketahanan terhadap tekanan iklim, tanah, dan biologis.

  2. Laju fotosintetik.

  3. Respirasi.

  4. Pembagian hasil asimilasi dan N.

  5. Klorofil, karoten, dan kandungan pigmen lainnya.

  6. Tipe dan letak meristem.

  7. Kapasitas untuk menyimpan cadangan makanan.

  8. Aktivitas enzim.

  9. Pengaruh langsung gen (misalnya heterosis, epistasis).

  10. Diferensiasi.