© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keaktifan bertanya siswa atau mahasiswa?

Bertanya

Bertanya dapat diartikan sebagai keinginan mencari informasi yang belum diketahui. Sehingga jika bertanya adanya pada kondisi pembelajaran maka bertanya merupakan proses meminta keterangan atau penjelasan untuk mendapatkan informasi yang belum diketahui dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.

Keaktifan bertanya siswa dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya, peserta didik juga dapat berlatih untuk berpikir kreatif, dan dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Paul D. Deirich, menyatakan bahwa keaktifan bertanya siswa berdasarkan jenis kegiatan aktivitasnya dalam proses pembelajaran yaitu sebagai berikut:

  • Kegiatan visual (visual activities), yaitu membaca, memperhatikan gambar, mengamati demonstrasi atau mengamati pekerjaan orang lain.

  • Kegiatan lisan (oral activities), yaitu kemampuan menyatakan, merumuskan, diskusi, bertanya atau interupsi.

  • Kegiatan mendengarkan (listening activities), yaitu mendengarkan penyajian bahan, diskusi atau mendengarkan percakapan.

  • Kegiatan menulis (writing activities), yaitu menulis cerita, mengerjakan soal, menyusun laporan atau mengisi angket.

  • Kegiatan menggambar (drawing activities), yaitu melukis, membuat grafik, pola, atau gambar.

  • Kegiatan emosional (emotional activities), yaitu menaruh minat, memiliki kesenangan atau berani.

  • Kegiatan metrik (motor activities), yaitu melakukan percobaan, memilih alat-alat atau membuat model.

  • Kegiatan mental (mental activities), yaitu mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, melihat hubungan-hubungan atau membuat keputusan.

Menurut Erna (2009), keaktifan bertanya siswa atau mahasiswa dapat dilihat dari:

  • Perhatian siswa terhadap penjelasan guru

  • Kerjasamanya dalam kelompok

  • Kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok ahli

  • Kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok asal

  • Memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok

  • Mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat

  • Memberi gagasan yang cemerlang

  • Membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang

  • Keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain

  • Memanfaatkan potensi anggota kelompok

  • Saling membantu dan menyelesaikan masalah