Faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab Skizofrenia ?

Skizofrenia

Skizofrenia adalah bagian dari gangguan psikologis yang dimana penderitanya akan mengalami halusinasi, fantasi, delusi, pikiran tak tenang, dan, perilaku yang berubah. Akibatnya sang penderita akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dengan orang lain yang akan berakibat pada terganggunya aktivitas. Jika sudah semakin parah, penderita skizofrenia tidak ubahnya seperti penyakit gangguan kejiwaan yang berat. Itulah mengapa jika Anda merasa mengidap skizofrenia segera lakukan penangan sebelum terlambat.

Faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab Skizofrenia ?

Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah.

  1. Genetika
    Para ahli berpendapat bahwa genetika adalah salah satu penyebab skizofrenia, hal ini didukung dengan fakta bahwa orang tua yang mengalami skizofrenia akan melahirkan anak dengan presentasi kuat terkena skizofrenia juga.

  2. Gangguan Pada Otak
    Penyebab skizofrenia menurut para ahli adalah gangguan pada otak. Otak sebagai pusat kendali manusia jika mengalami gangguan pastilah akan menyebabkan fungsinya menjadi tak normal seperti fungsi kognitif dan impulsif. Gangguan pada otak ini biasanya diakibatkan oleh zat-zat kimiawi.

  3. Stres
    Stres yang diderita orang akan membebani otaknya, hal tersebut akan menyebabkan otak mengalami overload hingga dapat mengalami kerusakan yang dilanjutkan dengan skizofrenia. Beberapa hal yang dapat menyebabkan stres pada seseorang adalah pekerjaan, tekanan hidup, dan pasangan.

  4. Trauma
    Sama seperti stres, trauma yang membekas pada pikiran dan tidak bisa dihilangkan lama kelamaan akan mengakibatkan otak menjadi terganggu dan terjadilah skizofronia. Jika Anda mengalami stres dan trauma, segera atasi hal tersebut agar semakin tidak parah dan menimbulkan banyak penyakit lainnya.

  5. Konsumsi Obat-Obatan Terlarang
    Banyak sekali obat-obatan terlarang yang beredar dipasaran semacam narkoba, ganja, kokain, dan lain lain. Efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi hal tersebut biasanya akan membuat seseorang berhalusinasi dengan pikirannya sendiri, lama-kelamaan halusinasi tersebut akan semakin menjadi berat dan menjadi skizofrenia.