Faktor apa yang menjadi faktor sukses dalam melakukan proses Qualitative Risk Analysis?

Analisis Risiko Kualitatif adalah salah satu cara untuk menentukan pentingnya mengatasi risiko spesifik dan memandu langkah-langkah respons risiko. Proses ini memprioritaskan perubahan sesuai dengan efek potensial mereka pada tujuan proyek.

Faktor apa yang menjadi faktor sukses dalam melakukan proses Qualitative Risk Analysis ?

Faktor - faktor penting yang menunjang keberhasilan adalah :

  1. Menggunakan pendekatan Agreed-Upon
    Kesepakatan pemangku kepentingan proyek adalah kriteria mendasar dan menjadi tema umum. Informasi berkualitas tinggi yang dikumpulkan berkontribusi terhadap keandalan dan kredibilitas output proses. Pendekatan ini adalah fondasi kredibilitas proses. Kemungkinan terjadinya, dampak pada tujuan individu, urgensi (kedekatan), dan pengelolaan adalah faktor penilaian risiko.

  2. Menggunakan ketentuan definisi risiko yang telah disepakati
    Penilaian risiko harus didasarkan pada definisi istilah penting yang disepakati, dan harus digunakan secara konsisten. Contoh: Tingkat kemungkinan dan dampak pada tujuan membantu memberikan penilaian risiko yang realistis, dan memfasilitasi komunikasi hasil antara manajemen dan pemangku kepentingan

  3. Mengumpulkan informasi berkualitas tinggi tentang risiko
    Dalam hal ini informasi dikumpulkan melalui wawancara, lokakarya, dan cara lain menggunakan penilaian ahli. Data individu yang tunduk pada pelaporan atau bias yang disengaja harus diidentifikasi dan diperbaiki, atau sumber informasi yang berbeda dan tidak bias harus ditemukan dan digunakan.

  4. Melakukan Analisis Risiko secara Iteratif
    Melakukan analisis berkala terhadap risiko individu proyek meningkatkan keberhasilan analisis risiko kualitatif. Frekuensi analisis direncanakan dalam proses Manajemen Risiko Rencana, dan kejadian dalam proyek juga mempengaruhinya.