Faktor apa yang dapat menyebabkan mengecilnya organ saluran reproduksi unggas sehingga produksi telur menurun pada hewan itik yang mengalami rontok bulu?

Rontok bulu merupakan suatu peristiwa fisiologis dimana bulu itik lama rontok dan digantikan dengan bulu yang baru. Jenis rontok bulu terbagi dua macam yakni rontok bulu kecil apabila hanya bulu badan yang rontok dan rontok/ranggas besar apabila bulu sayap yang rontok.Untuk unggas petelur hal ini sebenarnya merupakan peristiwa alami dimana rontok bulu merupakan waktu istirahat organ reproduksi setelah masa bertelur yang panjang.

Stres dapat menyebabkan terjadinya mengecilnya organ saluran reproduksi sehingga produksi telur menurun. Mekanisme kejadian stres dengan berhenti bertelur, itik hanya sedikit mengkonsumsi pakan, sehingga bobot badannya berkurang, termasuk menyusutnya jaringan otot dan jaringan lemak. Hal ini menyebabkan kurangnya suplai lemak ke hati sebagai salah satu depot lemak, sehingga ukuran hati menjadi kecil seperti itik-itik dara yang belum bertelur. Penyusutan ukuran hati berdampak pada inaktif ovarium. Penyusutan ovarium menyebabkan tidak ada telur yang diproduksi atau berhenti bertelur dan tidak lama setelah berhenti bertelur, maka rontok bulu terjadi.