Faktor apa saja yang menjadi penyebab Demensia ?

Demensia adalah kumpulan gejala yang mempengaruhi kemampuan yang terkait dengan ingatan, pikiran, dan bahasa. Namun, kehilangan ingatan tidak berarti Anda mengalami demensia.

Demensia paling banyak menyerang orang di usia 65 tahun ke atas. Demensia dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Faktor apa saja yang menjadi penyebab Demensia ?

Demensia disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak. Hal ini dapat menghambat sel-sel otak dalam berkomunikasi dengan orang lain, mempengaruhi perilaku dan perasaan.

Kebanyakan kerusakan pada otak akibat demensia permanen dan memburuk sering berjalannya waktu. Namun, efek pada gangguan ingatan dan berpikir dipercaya disebabkan oleh kondisi-kondisi berikut. Gejala dapat membaik apabila kondisi ditangani:

  • Depresi
  • Efek samping obat-obatan
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Gangguan tiroid
  • Kekurangan vitamin.
  1. Penyakit alzheimer Penyebab utama penyakit demensia adalah penyakit alzheimer. Demensia 50% di sebabkan oleh penyakit alzheimer, 20% disebabkan gangguan pembulu otak, dan sekitar 20% gabungan keduannya serta sekitar 10% disebabkan faktor lain. Penyebab alzheimer tidak diketahui pasti penyebabnya, tetapi diduga berhubungan dengan faktor genetik, penyakit alzheimer ini ditemukan dalam beberapa keluarga gen tententu.

  2. Serangan Stroke Penyebab kedua demensia adalah serangan stoke yang terjadi secara ulang. Stroke ringan dapat mengakibatkan kelemahan dan secara bertahap dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otak akibat tersumbatkan aliran darah (infark). Demensia multiinfark serasal dari beberapa stoke ringan, sebagian besar penderita stoke memliki tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menyebabkan kerusakan pembulu darah pada otak.

  3. Serangan lainnya Serangan lainnya dari demensia adalah demensia yang terjadi akibat pencederaan pada otak (cardiac arrest), penyakit parkison, AIDS, dan hidrocefalus.