Faktor Apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan pada ikan?

Dalam Pengelolaan ikan, terdapat dua kegiatan yaitu pencegahan penyakit yang tindakan di lakukan sebelum terjadi penyakit dan kontrol (pengobatan) terhadap penyakit, yang merupakan merupakan kegiatan setelah di temukan adanya penyakit pada tubuh ikan. Cara pencegahan lebih di sarankan untuk di lakukan karena karena cara ini akan menekan biaya produksi yang harus di keluarkan, di bandingkan jika kita lakukan pengobatan. “Lebih baik mencegah dari pada mengobati”. Namun, faktor apa saja yang perlu diperhatikan untuk mencegah penyakit pada ikan?
budidaya-ikan-mas

  1. Kelebihan Populasi
    Kondisi dengan padat tebaran tinggi akan menyebabkan ikan mudah stres sehingga menyebabkan ikan menjadi mudah terserang penyakit, selain itu kualitas air, volume air dan alirannya berpengaruh terhadap berkembangnya suatu penyakit. Populasi yang tinggi akan mempermudah penularan karena meningkatnya kemungkinan kontak antara ikan yang sakit dengan ikan yang sehat.

  2. Cahaya
    Budidaya ikan yang intensif pasti memerhatikan intensitas cahaya, lama penyinaran, area berkanopi dan penyerapan cahaya agar lebih mudah dikontrol. Penetrasi cahaya dapat terhalang oleh turbiditas air yang disebabkan melimpahnya populasi fitoplankton dan partikel-partikel padatan terlarut. Apabila penetrasi cahaya tidak dapat mencapai dasar kolam atau tambak, akan menghambat tumbuhnya algae berfilamen dan tumbuhan air pengganggu pada dasar kolam.

  3. Suhu
    Ikan merupakan hewan yang tidak menghasilkan panas tubuh, sehingga suhu tubuhnya tergantung atau menyesuaikan pada suhu lingkungan sekelilingnya. Ikan memiliki derajat toleransi terhadap suhu dengan kisaran tertentu yang sangat berperan bagi pertumbuhan, inkubasi telur, konversi pakan dan resistensi terhadap penyakit.

  4. Stress
    Stres berpengaruh terhadap sistem pertahanan tubuh inang definitif yaitu mukus. Segala bentuk stres akan menyebabkan perubahan kimiawi dalam mukus yang dapat menyebabkan penurunan efektivitasnya sebagai pelindung kimiawi inang terhadap patogen dan parasit.

  5. Sistem imun yang rendah
    Masing-masing hewan memiliki daya tahan individu yang ditentukan antara lain oleh umur, jenis kelamin, status nutrien dan stres. Saat ikan pada kondisi lemah (sistem imun rendah) dan pada kondisi lingkungan yang kurang menguntungkan maka ikan akan rentan terserang patogen.