© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia?

Sehat

Sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Menurut Anderson & McFarlane (2007), terdapat empat faktor dasar yang mempengaruhi kesehatan, yaitu ;

1. Lingkungan

Lingkungan meliputi lingkungan fisik, sosial, dan psikologis. Kesehatan akan dipengaruhi oleh lingkungan fisik salah satunya adalah kebersihan udara yang dihirup. Perkotaan identik dengan polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan kendaraan yang berlalu lalang serta limbah asap pabrik di kawasan industri.

Seperti kita tahu, udara adalah kebutuhan vital bagi manusia dan udara pun merupakan agen yang langsung masuk ke tubuh manusia sehingga udara ini memiliki peranan yang besar dalam mempengaruhi kesehatan manusia.

Lingkungan sosial berkaitan dengan kondisi perekonomian suatu masyarakat. Semakin miskin individu atau masyarakat maka akses untuk mendapatkan derajat kesehatan yang baik akan semakin sulit. Contohnya manusia membutuhkan makanan dengan proporsi gizi seimbang untuk menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan status kesehatannya.

Lingkungan psikologis meliputi kondisi jiwa atau mental. Lingkungan psikologis yang mempengaruhi kesehatan anatara lain kondisi stres dan depresi yang sering terjadi di perkotaan.

2. Perilaku atau Gaya Hidup

Gaya hidup adalah pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktifitas, minat dan opininya. Gaya hidup menggambarkan keseluruhan diri seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup disini lebih menekankan pada perilaku hidup sehat atau tidak sehat yang terjadi sejalan dengan perkembangan kota. Transisi dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, akan terjadi perubahan gaya hidup pada masyarakat tersebut yang akan mempengaruhi derajat kesehatan.

Misalnya adalah aktivitas wanita karir yang semakin padat sejalan dengan perkembangan kota seringkali menimbulkan efek tidak memiliki waktu untuk menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Ibu-ibu ini seringkali lebih suka dengan hal-hal praktis misalnya makan dengan membeli makanan cepat saji. Padahal di satu sisi makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan obesitas.

3. Heredity/ keturunan

Faktor genetik berpengaruh pada derajat kesehatan. Hal ini karena ada beberapa penyakit yang diturunkan lewat genetik. Faktor hereditas sulit untuk diintervensi karena hal ini merupakan bawaan dari lahir.

4. Health Care Sevices/pelayanan kesehatan

Pelayanan kesehatan disini adalah pelayanan kesehatan utama dan intregatif antara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Semakin mudah akses individu/masyarakat terhadap pelayanan kesehatan maka derajat kesehatan masyarakat akan semakin baik.