Fakta unik film Titanic

Film Titanic adalah film dengan genre romance yang menjadi film favorit sepanjang waktu. Tahukah kamu, apa saja fakta unik dibalik film Titanic?

image

  1. Tak ada sekoci penyelamat yang cukup untuk menyelamatkan korban Titanic kala tenggelam, bahkan sekoci-sekoci tersebut tak cukup menyelamatkan separuh penumpang! 20 sekoci dalam Titanic hanya bisa menampung 1178 orang, sedangkan seluruh penumpang Titanic berjumlah 2224 orang.

  2. Bencana tersebut sebenarnya bisa dicegah jika wak kapal mengubah jalur paling tidak 30 detik lebih awal. Dikatakan jika First Officer William Murdoch melihat bongkahan es besar tersebut, namun bukannya langsung bertindak, dirinya menunggu hingga 30 detik untuk langsung memutar jalur. Pada saat itu, semuanya sudah terlambat.

  3. Titanic dikenal memiliki 4 cerobong asap. Ternyata cerobong yang berfungsi hanya 3 saja, satunya sebagai pelengkap. Namun justru saat tenggelam, cerobong tersebut justru membawa petaka karena jatuh menimpa banyak orang.

  4. Dikatakan dalam film jika ada grup musik yang memainkan musiknya pada saat kapal tenggelam. Well, hal tersebut memang nyata. Kelompok musik di kapal ini memang memainkan lagu untuk membuat orang-orang tidak panik dan bisa berpikir jernih.

  5. Ini adalah fakta yang membuat miris. Latihan keselamatan sekoci oleh kru dibatalkan tepat di hari yang sama Titanic tenggelam pada malam harinya. Yang membatalkan adalah sang kapten, Edward J. Smith dengan alasan mepetnya waktu untuk mempersiapkan Titanic berlayar.

  6. Rupanya ada novel yang memprediksikan tenggelamnya kapal Titanic 14 tahun sebelumnya. Novel tersebut dikeluarkan pada tahun 1898 dan berjudul Wreck of t he Titan, nama kapal dalam novel ini bahkan hampir mirip.

  7. Koran-koran Inggris salah mendapatkan informasi kala itu, sehingga dalam koran terbitannya, ditulis tak ada korban jiwa dalam tragedi tenggelamnya Titanic.

  8. Lebih dari 1500 orang tewas, namun hanya sekitar 328 jenazah yang ditemukan. Kebanyakan meninggal karena hypothermia atau kedinginan hebat.

Sumber: 8 Fakta Tenggelamnya Titanic Yang Tak Kamu Tahu, Mencengangkan! | Plus.Kapanlagi.com