[Fakta] Olahraga di malam hari lebih efektif

Olahraga adalah suatu bentuk fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.
kebanyakan orang melakukan olahraga di pagi hari untuk membugarkan tubuh, namun juga terdapat beberapa orang melakukan olahraga di malam hari dikarenakan lebih efektif.

apakah benar demikian ?

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

Berdasarkan artikel yang saya kutip dari hellosehat.com menyebutkan bahwa,

Olahraga pada malam hari, menurut Laura, manfaatnya adalah meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Secara teori, menurut ahli kesehatan Dr. Michael Triangto, SpKO, olahraga malam hari lebih efektif untuk pembentukan otot. Michael juga memaparkan, olahraga di malam hari bisa membantu masalah tidur seperti insomnia. “Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Tubuh akan dehidrasi dan kita jadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan,” tutur Michael.

Sehingga dapat dikatakan bahwa olahraga di malam hari lebih efektif

sumber: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik? - Hello Sehat

1 Like

Dikutip dari gayahidup.republika.co.id, olahraga di malam hari dinilai lebih produktif dan sudah dilakukan studi dengan tikus sebagai sampel. Studi tersebut sudah dipublikasikan di Journal of Cell Metabolism, hasilnya ditemukan bahwa performa tikus lebih optimal sat malam hari dibandingkan waktu-waktu lainnya. Untuk memastikan hasil, penelitian juga diterapkan pada 12 orang. Hasilnya pun ternyata serupa. Saat berolahraga pada malam hari, konsumsi oksigen menjadi lebih rendah yang artinya orang tersebut melakukan latihan dengan lebih efisien. Untuk lebih lengkapnya dapat diakses pada link berikut ini Olahraga Malam Hari Ternyata Lebih Efektif | Republika Online.