Fakta Menarik Seputar Bibir

Bagi kaum hawa, area bibir tentu jadi salah satu bagian wajah terpenting yang tak pernah terlewatkan, baik dalam urusan perawatan maupun tampilan dekoratif dengan menggunakan lipstik. Apa saja fakta menarik seputar bibir yang mungkin belum diketahui banyak orang?

image

Kanker Kulit Non-Melanoma Lebih Rentan Dialami Pria Dibandingkan Wanita

Pada dasarnya kanker kulit terdiri dari dua jenis, yaitu kanker kulit Melanoma dan Non-Melanoma. Nah, salah satu jenis kanker Non-Melanoma, yaitu Karsinoma Sel Skuamosa atau KSS umumnya diakibatkan karena paparan sinar UV, terutama pada area bibir. Sering jadi area yang luput dari perlindungan produk ber-SPF, padahal area bibir juga tak kalah penting untuk mendapat perlindungan SPF melalui produk lip balm. Ketidakpeduliaan soal perlindungan bibir ini ternyata berpengaruh cukup besar pada persentase gender yang mengalami kanker kulit Karsinoma Sel Skuamosa, lho. Karena berdasar riset dari skincancer.org, kaum pria lebih rentan mengalami gejala ini akibat kurangnya perlindungan SPF di area bibir, serta kebiasaan merokok. Jadi, sekarang Anda sudah tahu bukan, kalau rutinintas menjaga kesehatan bibir dengan menggunakan lip balm ber-SPF tidak hanya sekadar menjaga bibir dari kekeringan, tapi sekaligus mencegah Anda dari ancaman kanker kulit.

Bentuk Garis Bibir Setiap Orang Berbeda-beda

Tak hanya sidik jari tiap orang saja yang punya ciri khas masing-masing. Garis bibir tiap individu juga memiliki pola yang berbeda lho, bahkan tiap orang memiliki polanya sendiri. Nah keunikan bibir ini tak jarang banyak dimanfaatkan bagian tim forensik dalam urusan mengindetifikasi korban atau mencari pelaku tindak kriminal. Teknik investigasi mengandalkan garis bibir ini biasa disebut cheiloscopy.

Semakin Bertambah Usia, Kulit Bibir Akan Semakin Menipis

Seiring bertambahnya usia, tampilan bibir akan semakin terlihat kurang plump dan cenderung menipis. Hal ini terjadi karena jumlah kolagen dan hyaluronic acid akan semakin berkurang sehingga berpengaruh pada tampilan bibir Anda. Untuk menjaga tekstur bibir tetap kenyal dan tebal, sebaiknya sejak usia dini mulailah rutin mengonsumsi makanan kaya protein dan vitamin C. Selain itu, jaga juga tekstur bibir agar tetap terhidrasi dengan memberi asupan air mineral yang cukup.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/fakta-menarik-seputar-bibir/