Fakta-fakta menarik terkait dengan Jantung Manusia


(Hari Yoga Pratama) #1

Jantung (bahasa Latin: cor) adalah sebuah rongga, rongga organ berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah oleh kontraksi berirama yang berulang.

Darah menyuplai okisgen dan nutrisi pada tubuh, juga membantu menghilangkan sisa-sisa metabolisme.

Istilah kardiak berarti berhubungan dengan jantung, dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung adalah salah satu organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah, terletak di rongga dada agak sebelah kiri.

Sumber : wikipedia.com


(Andre Bagus Wicaksono) #2

Sumber gambar : pixabay.com

1. Jantung anda berdetak sekitar 100.000 kali dalam setahun

Untuk usia remaja, jantung berdetak sekitar 70 (kondisi istirahat) hingga 200 (olahraga berat) kali dalam satu menit. Selama 70 tahun, jantung anda telah berdetak sebanyak 2,5 Milyar kali.

2. Jantung anda memompa sekitar 5 Liter darah dalam 1 menit.

Dalam kondisi istirahat, jantung anda memompa sekitar 5 Liter darah dalam 1 menit. Darah bersirkulasi ke seluruh sistem pembuluh darah hanya dalam waktu 20 detik. Dalam sehari, jantung anda memompa sekitar 757 liter melalui ribuan kilometer pembuluh darah.

3. Jantung masih dapat berdetak walaupun sudah dikeluarkan dari tubuh

Jantung berkontraksi tidak digerakkan oleh otak manusia. Jantung berdetak karena adanya electrical impulse yang dibangkitkan oleh heart nodes. Selama jantung masih mempunyai energy dan oksigen, jantung anda masih akan tetap berdetak walaupun sudah berada di luar tubuh manusia.

4. Golongan darah mempengaruhi penyakit jantung

Berdasarkan penelitan yang dipublikasikan pada jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology. Orang dengan Golongan AB mempunyai resiko penyakit jantung tertinggi. Selanjutnya disusul oleh golongan darah B dan A. Golongan darah O mempunyai resiko penyakit jantung paling kecil. Alasan terkait hal tersebut masih belum dipahami oleh para peneliti.

Sumber :

  • about.com
  • Meian He, Brian Wolpin, Kathy Rexrode, JoAnn E. Manson, Eric Rimm, Frank B. Hu, Lu Qi. ABO Blood Group and Risk of Coronary Heart Disease in Two Prospective Cohort Studies. Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology, 2012