[Fakta atau Hoax] Kondisi Jenazah Korban Pandemic Covid 19 Di Rumah Sakit Osmania India

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Sebuah akun facebook bernama Mohammed Abdul Azis mengunggah video dengan narasi yang mengklaim bahwa tumpukan jenazah di rumah sakit Osmina, India tersebut merupakan korban covid-19. video yang diunggah pada 24 juni 2020 tersebut sudah dibagikan sebanyak 3,7 ribu kali oleh pengguna facebook.

Berdasarkan penelusuran, dilansir dari factcheck.afp.com, klaim tersebut adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video tahun 2013, jauh sebelum covid-19 mewabah hampir di seluruh dunia.

Video indetik ditemukan pada kanal youtube Ind Today dengan judul “Unclaimed bodies pile up at OGH mortuary | Hyderabad Osmania General Hospital”. Video tersebut telah diunggah sejak 25 desember 2013.

Dalam keterangannya, mayat-mayat tersebut sudah dalam kondisi buruk dan mengeluarkan bau menyengat hingga membuat staf rumah sakit, pasien yang berkunjung hingga blok rumah dekat rumah sakit terkena imbas bau jenazah.

Rumah sakit tersebut hanya memiliki satu kamar jenazah yang dilengkapi fasilitas freezer dan hanya dapat menampung 32 jenazah dalam satu waktu. mayat-mayat yang tidak diklaim tersebut disimpan di kamar mayat hingga pihak GHMC memfasilitasi kremasi.