[Fakta Atau Hoax] Apakah Obat dari Puskesmas Tidak Bagus?

Picture13
Aturan penggunaan BPJS mendukung penuh fungsi Puskesmas dimana setiap warga yang sakit dan merasa perlu dilarikan ke rumah sakit, harus mendapatkan surat rujukan dari Puskesmas terlebih dahulu.Pasien kita masih tetap banyak. untuk (kualitas) obat-obatan sendiri, semakin baik. Kalau dulu curah, sekarang dalam kemasan yang lebih baik," tambahnya.
"Di era BPJS mereka tidak boleh langsung ke rumah sakit tapi ke Puskesmas terlebih dahulu. Karena sebenarnya ada 144 penyakit yang harus dan bisa ditangani Puskesmas tanpa perlu harus dirujuk’
Merujuk pada judul dan isi artikel apakah fakta atau hoax?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

1 Like

Hoax. Karena pada artikel tersebut ada fakta bahwa belum ada warga Puskesmas setempat yang memberikan keluhan tentang obat yang ‘tak tokcer’ tersebut. Selain peningkatan mutu yang selalu diadakan pemerintah, serta karena Puskesmas layanan kesehatan pertama, maka obat yang disediakan pasti sesuai dengan jenis penyakit yang dapat ditangani.

Well, gini sebenernya puskesmas ini disubsidi sama pemerintah kan sehingga semua proses termasuk biaya obat biasanya gratis. Obat-obatan yang dipakai di puskesmas sendiri biasanya berupa obat generik. Obat generik sendiri adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti. Ini yang bikin obat generik harganya murah. Nah, tapi secara mutu kualitas obat generik ga beda dari obat paten karena bahan bakunya sama.