[Fakta atau Hoax] Apakah introvert tidak dapat menjadi pemimpin?

image

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Introvert sering dikatakan sebagai seseorang yang lebih suka menyendiri dan tidak suka berbicara dengan orang banyak oleh karena itu sering diragukan sebagai seorang pemimpin. Apakah benar introvert tidak dapat menjadi seorang pemimpin atau sebaliknya?

1 Like

Memang benar pemikiran orang-orang perihal seorang yang introvert lebih cenderung ke sifat pendiam, pemalu, canggung, jarang bicara, dan lebih suka menyendiri. Namun kenyataan banyak ilmuwan yang sukses juga dengan pribadi introvert nya. Contohnya Albert Einsten ilmuwan yang sukses di bidang fisika bahkan Albert Einsten sering mendapatkan banyak inspirasi ketika ia memilih untuk menyendiri . Contoh lainnya dari CEO Facebook Mark Zuckerbarg merupakan seseorang yang introvert dan pemalu. Bahkan ia dipandang sebagai seseorang yang tidak ramah kepada orang lain, namun nyatanya ia sangat peduli dengan bawahannya. Introvert lebih terlihat diam karena memang introvert hanya berbicara seperlunya akan tetapi jika kita mengajak ngobrol yang berkaitan dengan sesuatu hal yang ia sukai mereka bisa berbicara dalm waktu yang lama bahkan berhari hari. Introvert juga lebih cenderung kreatif ya, seperti yang aku tulis sebelumnya ilmuwan seperti Albert Einsten, Mark Zuckerbarg dan masih banyak lagi. Lalu apakah introvert bisa menjadi pemimpin ? sedangkan orang orang awam banyak sekali yang mengira bahwa Introvert tidak bisa berbicara di depan banyak orang karena introvert lebih dikenal dengan sifat pemalu atau pendiam nya. jawabannya adalah BISA, loh kok bisa ? ya bisa dong, Justru dengan mereka yang jarang ngomong atau lebih ngomong hanya seperlunya. itu membuat si introvert berbicara apa yang dibicarakan itu berbobot atau bisa di bilang berisi itu dia hal yang bisa membuat orang orang juga tertarik dengan si introvert. masalah berbicara di depan banyak orang semua bisa introvert, ekstrovert, maupun ambivert semua bisa dengan percaya diri menyuarakan pendapat di depan banyak orang. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak percaya diri ? semua bisa melatih diri untuk lebih percaya diri di depan banyak orang. tinggal diri sendiri mau atau tidak untuk memberanikan dirinya ngomong di depan banyak orang. dan perlu di ingat juga setiap orang perlu yang namanya rasa percaya diri, karena menurut saya percaya diri itu kunci sukses kehidupan.

1 Like

menurut saya hoax, karena seorang intovert adalah seseorang yang memikirkan matang-matang perkataannya makanya seorang introvert cenderung sedik berbicara, seorang introvert bisa menjadai pemimpin karena pemikirannya yang matang dan tidak terburu-buru. Orang ekstrovert di sisi yang lain, di mana mereka kurang bisa mendengarkan pembicaraan orang lain. Pemimpin yang introvert lebih terbuka terhadap anggota tim yang bersedia berinisiatif. Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan yang besar sebagai seorang pemimpin. tetapi terlepas dari semua itu, seorang pemimpin bisa darimana saja yang penting dia dapat bertanggungjawab.