[Fakta atau Hoax] Apa Benar Semut Mampu Mengangkat Beban 5000 Kali Lipat Dari Bobot Tubuhnya?

image

  • Itu Fakta
  • Itu Hoax

0 voters

Semut merupakan jenis serangga yang berukuran kecil dan sering kita jumpai, namun benarkah semut dapat mengngkat beban yang lebih besar 5000 kali bobot tubuhnya seperti gambar diatas, berikan pendapatmu…

Sumber : DO YOU KNOW: Luar Biasa! Semut Mampu Mengangkat Benda hingga 5.000 Kali Lipat Bobot Tubuhnya : Okezone techno

Berdasarkan INDOZONE.ID menyebutkan bahwa, Sebuah penelitian dari The Ohio State University mengungkapkan bahwa semut bisa mengangkat benda hingga 5.000 kali lipat dari bobotnya. Penelitian ini sendiri dipublikasikan pada tahun 2014 silam.

Peneliti menyebut kemampuan ini dimiliki oleh semut Amerika. Hewan bertubuh mungil tersebut mampu mengangkat benda berat dengan memanfaatkan sendi lehernya yang kuat.

Pada awalnya, para peneliti memperkirakan semut hanya mampu mengangkat 1.000 kali lipat dari bobotnya. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata semut bisa mengangkat hingga 5.000 kali lipat dari berat badannya.

sumber: Bertubuh Kecil, Semut Ternyata Bisa Angkat Benda hingga 5.000 Kali Lipat dari Bobotnya | Indozone.id

1 Like

Dilansir dari techno.okezone.com, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2014 menemukan bahwa semut juga mampu mengangkat benda berbobot 5.000 kali lipat dibanding badannya sendiri. Hewan itu mampu mengangkat benda dengan berat 5.000 kali lipat dibanding tubuhnya dengan menggunakan sendi leher yang kuat.

Para peneliti dari The Ohio State University mengatakan bahwa kekuatan semut jauh melampaui perkiraan awal mereka. “Semut adalah sistem mekanis yang mengesankan, benar-benar sangat mencengangkan. Sebelum memulai penelitian, kami membuat perkiraan yang agak konservatif dimana mereka bisa menahan 1.000 kali lipat dibanding berat badan mereka, dan ternyata jauh lebih banyak,” kata Carlos Castro, seorang profesor teknik mesin dan kedirgantaraan di Ohio State.

Sehingga dapat dikatakan fakta bahwa semut mampu mengangkat beban 5000 kali lipat dari tubuhnya. Untuk artikel lebih lengkapnya dapat diakses pada link berikut DO YOU KNOW: Luar Biasa! Semut Mampu Mengangkat Benda hingga 5.000 Kali Lipat Bobot Tubuhnya : Okezone techno