[Fakta atau Hoax] Adanya Kawah Besar akibat Ledakan di Lebanon?

  • Fakta
  • Hoax

0 voters

Berita tentang ledakan di Lebanon akhir-akhir ini mengguncang dunia karena penyebabnya yang masih misterius dan sangat besar sehingga menimbulkan pembentukan kawah besar berdiameter sekitar 124 meter. Apakah hal tersebut benar adanya?

2 Likes

Hoax. Hal ini sudah diklarifikasi dalam beberapa website pemberitaan seperti dikutip dari Independent , kawah tersebut bukan dampak dari ledakan di Beirut, melainkan di Tianjin, China, pada 2015. Hal itu dijelaskan dalam artikel berjudul: ’ Tianjin explosion: Gigantic crater left by Chinese factory accident revealed ’ yang dipublikasikan pada 19 Agustus 2015.

Foto itu ditangkap oleh fotografer European Pressphoto Agency (EPA) setelah ledakan di kota Tianjin, China pada Agustus 2015. Itu merupakan pemandangan dari udara dari lubang besar akibat ledakan di pelabuhan Tianjin, China, 15 Agustus 2015.

Foto yang sama juga dipakai di artikel BBC . Foto tersebut ada di dalam artikel berjudul: ’ China Tianjin explosions: Nearly 100 people still missing ', yang sudah ditayangkan pada 16 Agustus 2015.

1 Like