© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Fakta apa saja yang menarik tentang Pasukan Mongol ?

pasukan mongol

Menurut kisah-kisah yang diceritakan, pasukan mongol merupakan pasukan yang sangat kuat dan sulit untuk dikalahkan. Legenda mengatakan bahwa pasukan Mongol seperti setan yang kebal terhadap panah. Ketika terpanah, para prajurit mongol masih dapat bertarung. Diatas kuda mereka, pasukan mongol tak terkalahkan. Hal apa saja yang kamu ketahui tentang Pasukan Mongol ini ?

1. Semua Masyarakat Sekuat Tentara


Ternyata dalam kehidupan bangsa Mongol semua warganya memiliki kemampuan untuk berburu, berperang dan bertahan hidup dalam konflik. Keadaan alam yang keras membuat mereka terpaksa bertahan hidup dan memiliki skill tersebut.

Setiap penyerbuan yang dilakukan Mongol semua warganya turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut dan tidak tentunya tidak ada jenjang kepangkatan tentara dalam masyarakat.

2. Pemburu yang Hebat
image
Kebiasaan berburu yang turun menurun membuat mereka menjadi pribadi yang cekatan dalam alam liar. Mereka berburu dengan unik yakni dengan pantangan membuat hewan buruan mereka tersiksa. Perburuan biasanya dilakukan bersama-sama dengan pemimpin mereka di bagian depan.

Pemimpin biasanya mengawali perburuan dengan membunuh binatang pertama dan dilanjutkan dengan warga lainnya.

3. Tentara Mongolia Bukannya Digaji, Malahan Menggaji Komandan Mereka
image
Selama pemerintahan Genghis Khan, para pasukan tidak digaji oleh kerajaan, malahan mereka harus membayar kepada para komandan jika ingin masuk menjadi pasukan kerajaan.

Sistem ini disebut qubchur. Keadaan ini anehnya terus ada selama berates-ratus tahun kemudian karena para warga merasa bangga jika menjadi tentara.

4. Tanggung Jawab yang Berat Menjadi Tentara


Menjadi tentara Mongol butuh displin dan kepatuhan terhadap komandan. Kewajiban komandan tidak kalah berat, sang komandan harus memastikan bahwa setiap detail peralatan perang bawahannya tersedia sebelum pertempuran.

Jika ada yang melanggar maka akan diganjar hukuman yang berat pula. Contohnya ketika ada tentara yang mundur dari medan perang maka hukumannya adalah kematian.

5. Kuda Bagian dari Kehidupan
image
Para sejarawan selalu menggambarkan pasukan Mongolia sebagai pasukan berkuda. Hal ini tidak salah karena hamper setiap warga atau pun tentara pasti menggunakan kuda.

Daya tahan mereka dalam berkuda tidak perlu diragukan, mereka bisa tahan berkuda selama berhari-hari. Kuda pasukan Mongol juga sanggup menempuh jarak 600 mil hanya dalam enam hari.

Bahkan ada sebuah ungkapan yang mengatakan “Orang Mongol dilahirkan, dibesarkan, makan dan mati diatas kuda.” Hal itu merupakan gambaran kehidupan orang-orang Mongol yang hidup dipadang rumput. Mereka memakai kuda tak hanya sebagai alat transportasi, tetapi sebagai bagian tubuh mereka.

Tak heran orang mongol dikenal sebagai penunggang kuda terbaik, bahkan mereka dengan mudahnya menaiki dan menunggangi kuda tanpa pelana.

Sumber: hariansejarah.id