[Fakta] Air Cucian Beras Bisa Dimanfaatkan Untuk Tanaman

Screenshot_2020-08-08-18-29-10

Di masa pandemi ini banyak sekali orang yang mulai tertarik untuk bercocok tanam, Banyak pula orang yang mencari informasi seputar tanaman, beberapa menyebutkan air cucian beras bisa dimanfaatkan untuk tanaman. Apakah hal tersebut benar? Bagaimana pendapatmu?

  • Hoax
  • Fakta

0 voters

Air cucian beras / air leri mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman dan dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. Selain, nutrisi, air cucian beras atau leri juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman. Dilihat dari struktur mikrobiologinya, air beras bisa melawan bakteri jahat/patogen. Juga dapat menginvasi sel telur hama kutu-kutuan menjadi pecah sebelum waktunya.

Sumber: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/79929/Manfaat-Air-Cucian-Beras-Untuk-Menyuburkan-Tanaman/

1 Like

Menurut saya hal tersebut adalah fakta. Air cucian beras mengandung banyak nutrisi yang dapat menyuburkan tanaman dan baik untuk tanah.

1 Like

setau saya ketika masa sma. guru saya pernah bilang kalau air beras bisa disiram ke tanaman karena terdapat kandungan2 beras yang ikut bersama air. sehingga jika air sisa cucian beras disiram ke tanaman tidak mengapa dilakukan.

1 Like