EQ-RADIO : Teknologi yang Mampu Membaca Emosi Manusia

Emosi berkaitan erat dengan suasana hati seseorang seperti sedih, senang, marah dan sebagainya. Kebanyakan manusia mengetahui emosi seseorang melalui mimik wajah, namun terkadang belum tentu orang berwajah bahagia memiliki suasana hati yang bahagia juga.

Q-Radio adalah teknologi baru yang mampu membaca emosi manusia dengan memanfaatkan sinyal nirkabel (wireless). Teknologi ini ditemukan oleh Professor Dina Katabi yang merupakan salah satu professor yang berasal dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Prinsip kerja alat ini adalah menerjemahkan detak jantung dan siklus pernafasan manusia. Alat ini akan memancarkan sinyal nirkabel ke tubuh manusia dan tubuh manusia akan memantulkan lagi sinyal tersebut. Data yang didapat berupa detak jantung dan siklus nafas manusia.

EQ-Radio memiliki akurasi yang tinggi. Menurut tim peneliti Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) akurasi alat ini mencapai 87 %. Penelitian ini melibatkan 12 Partisipan 6 perempuan dan 6 diantaranya laki-laki. partisipan di pantau dengan alat EQ-Radio, ECG (alat penghitung detak jantung) dan kamera yang fokus terhadap wajah partisipan.

Penemuan EQ Radio in tentunya memberikan kontribusi yang besar sekali khususnya dalam teknologi pembaca emosi manusia. Apabila teknologi ini terus dikembangkan bukan tidak mungkin teknologi ini digunakan untuk mendeteksi stres lebih dini dan mengumpulkan data respon penonton terhadap suatu film di bioskop sehingga dapat dijadikan suatu alat evaluasi dalam pembuatan film.

Sumber: