Elemen apa saja yang harus ada untuk dipresentasikan dalam product roadmap?

Jika ini adalah pengalaman pertama saya dalam membuat dan mempresentasikan product roadmap, maka hal-hal apa saja yang harus ada untuk dipresentasikan?

Presentasi product roadmap menceritakan kisah tentang produk yang akan dirancang dan merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dan membujuk. Berikut adalah beberapa elemen penting untuk disertakan dan direncanakan dalam presentasi product roadmap agar product dapat tersampaikan dengan baik :

  1. Agenda
    Roadmap produk membagi arah produk. Presentasi itu sendiri juga membutuhkan arahan. Manajer produk harus mempertimbangkan audiens sebelum menetapkan dan kemudian membagikan agenda. Ini memberi audiens harapan untuk apa yang akan mereka lihat di sepanjang jalan. Ini juga membantu memastikan pertemuan tetap di jalur, dan terkait tetapi tidak topik inti dapat ditangkap tetapi dibahas di kemudian hari.

  2. Purpose
    Presentasi roadmap produk yang baik dimulai dengan tujuan. Mengapa informasi ini dibagikan dengan audiens khusus ini dan apa yang dimaksud dengan takeaway yang dimaksudkan? Umpan balik macam apa yang akan membantu? Dengan membangun presentasi dengan menyampaikan tujuan pertama kali, manajer produk dapat merasa lebih percaya diri bahwa presentasi akan informatif dan diterima dengan baik.

  3. Vision
    Setiap audiens akan mendapat manfaat dari melihat rencana produk dalam konteks strategi dan arah produk yang lebih luas. Presentasi roadmap menghubungkan pekerjaan ke strategi dan menjelaskan alasan di balik rencana tersebut. Manajer produk mungkin ingin menyertakan visi produk tingkat tinggi - informasi tentang model bisnis produk, sasaran, inisiatif, persona, dan pesaing.

  4. Audience Aware
    Presentasi harus disesuaikan menurut audiens dan hasil yang diinginkan. Misalnya, presentasi rahasia kepada tim penjualan mungkin berfokus pada konsep tingkat tinggi dan menyertakan percakapan terperinci tentang manfaat fungsi baru, panduan yang jelas tentang kapan akan tersedia, dan cara berbicara dengan pelanggan tentang hal itu. Tapi product roadmap pelanggan terhadap publik mungkin hanya mencakup deskripsi umum fitur dan kisaran tanggal perkiraan ketika mereka akan dirilis.

  5. Roadmap
    Roadmap adalah, tentu saja, inti dari presentasi roadmap produk. Manajer produk dapat memilih untuk menggunakan beberapa templat roadmap pada berbagai tingkat detail. Sekali lagi, ini akan disesuaikan oleh audiens. Dewan direksi mungkin ingin melihat portofolio atau peta strategi, misalnya, sementara tim TI akan lebih tertarik pada peta jalan rilis.

  6. Feedback
    Menyajikan roadmap produk memberi manajer produk peluang untuk menjawab pertanyaan dan mendapatkan umpan balik yang berharga dari khalayak internal dan eksternal. Setiap presentasi harus membagikan waktu untuk pertanyaan, jawaban, dan komentar.

  7. Shareability
    Beberapa orang mungkin menganggap presentasi lebih berharga setelah disajikan. Bahkan bisa menjadi titik referensi ke depan. Karena alasan ini, penting untuk mempertimbangkan pembagian, seperti izin akses yang sesuai dan harapan untuk seberapa sering akan diperbarui.

Sumber :
https://www.aha.io/roadmapping/guide/product-roadmap/what-product-roadmap-presentation-templates-do-product-managers-use