[ EKONOMI ] "JANGAN SIKSA BURUH" #DictioIsUs #SpeakingUpwithDictio

Assalamualaikum wr. wb.
Salam sejahtera bagi kita semua

Sebelum pembahasan mari kita berkenalan dulu. Nama saya Farhan Alif Mutawally, seorang lulusan SMA yang akan menjadi mahasiswa tahun ini, doain semoga lancar ya… Aamiin.

Saya akan menjelaskan isi poster ini yang berjudul “JANGAN SIKSA BURUH” dalam tema Ekonomi.
Alasan saya memilih judul dan tema ini adalah karena jika dilihat lihat tiap tahun itu ada saja demo besar-besaran yang dilakukan oleh para buruh pada hari buruh dan isi demonya itu berupa tuntutan-tuntutan seolah-olah aspirasi mereka itu tidak didengar.

Nah, dalam poster ini berisikan apa saja masalah yang dihadapi oleh para buruh, misalnya dari yang paling umum adalah mereka sering kali diberi upah dibawah standar atau UMR dan keuntungannya diambil sebanyak-banyaknya oleh atasan, saya memvisualisasikannya dengan tumpukan uang yang diambil kedua tangan.

Selanjutnya dibawahnya adalah masalah waktu kerja yang sangat panjang dan padat, bahkan ada yang lebih dari 40 jam per minggu, jelas itu akan mengganggu kesehatan mereka, ditambah upah yang minim, bisa-bisa upah mereka hanya cukup untuk berobat ke dokter, digambarkan dengan jam besar yang berjejer dan banyak.

Lalu yang terakhir adalah gambar buruh itu sendiri yang merupakan “korban” dari ketidakadilan ini, divisualisasikan para buruh yang mengangkut beban-beban yang saya sebutkan tadi dan menghadapi resiko kematian yang tinggi juga karena dibeberapa perusahaan pabrik tak jarang para pegawainya tidak memakai peralatan yang menjamin keselamatan kerja mereka.

Dan yang terakhir adalah background dan tulisan “Jangan Siksa Buruh” adalah gambaran ajakan dimana dalam tulisan tersebut digambarkan berwarna cerah, berbeda dengan bagian dasar yang memang gelap karena memang itu permasalahan para buruh yang membuat mereka “tersiksa”.

Jadi, dalam hal ini siapa yang harus disalahkan ? Pemerintah setiap tahun selalu memberi kebijakan-kebijakan yang meringankan beban buruh, maka sudah pasti dalam hal ini diperlukan kebijaksanaan sari berbagai pihak khususnya yang menjadi atasan untuk menaati prosedur yang diberikan pemerintah agar semua pihak mendapatkan keadilan.

Semoga penjelasan isi poster saya diatas sudah cukup menjawab pertanyaan mengenai isi poster ini, namun apabila memang masih ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang janggal bisa kita diskusikan disini. Oleh karena itu mari berdiskusi.

Wassalamualaikum wr. wb.
#DictioIsUs
#SpeakingUpWithDictio

1 Like