Efek samping redoxon?


Redoxon adalah produk suplemen dengan kandungan kombinasi vitamin dan mineral yang secara normal dapat ditemukan dalam makanan. Suplemen vitamin dan mineral diperlukan mencegah kekurangan kedua zat tersebut, terutama pada kondisi di mana asupan dari makanan dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kondisi-kondisi tersebut adalah saat menderita suatu penyakit, kehamilan, gangguan saluran pencernaan, dan sedang menggunakan obat yang dapat mengganggu metabolisme vitamin dan mineral. Perlu diingat bahwa suplemen vitamin dan mineral tidak dapat menggantikan pola makan yang sehat dan beragam dengan gizi yang seimbang. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Efek Samping :

  • Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan dalam keadaan perut kosong, konsumsi suplemen ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan berupa mual, nyeri lambung, muntah dan diare.
  • Selain itu, Anda juga bisa merasakan efek samping lainnya seperti munculnya kemerahan pada wajah, sakit kepala, rasa lemah dan gangguan tidur.
  • Efek toksik akan terjadi pada bayi yang ditandai dengan kemunculan kemerahan pada kulit.
  • Karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi, maka vitamin C dosis tinggi dapat menyebabkan keracunan zat besi seperti hemokromatosis.
  • Penderita kelainan genetik kekurangan enzim G6PD (Glucose-6-Phosphate Dehydrogenase) dapat menderita anemia hemolitik sesudah mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi.

Sumber : hellosehat.com