Efek samping dan bahaya sumatriptan


Sumatriptan adalah obat dari golongan triptan, yang bekerja dengan menstimulasi reseptor zat alami dalam otak bernama serotonin (5HT). Kandungan ini dapat meringankan gejala yang dirasakan pada penderita migrain yang sedang menglami serangan akut. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Mintalah segera bantuan tenaga medis jika Anda mengalami reaksi alergi: gatal-gatal; kesulitan bernapas; bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan sumatriptan dan hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Terasa nyeri atau kaku pada rahang, leher, atau tenggorokan
  • Dada terasa nyeri atau merasa sesak, rasa nyeri menyebar ke lengan atau bahu, mual, berkeringat, merasa sakit secara keseluruhan
  • Mati rasa tiba-tiba atau lemas, terutama pada satu sisi bagian tubuh
  • Sakit kepala parah, masalah dengan penglihatan, masalah bicara, atau keseimbangan
  • Sakit perut parah dan diare berdarah
  • Kejang-kejang
  • Mati rasa atau kesemutan dan nampak pucat atau kebiruan pada jari tangan atau kaki; atau
  • (jika Anda juga menggunakan antidepressant)—agitasi, halusinasi, demam, detak jantung cepat, reflek berlebihan, mual, muntah-muntah, kehilangan keseimbangan, pingsan.

Sumber : hellosehat.com

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Baca brosur informasi pasien jika tersedia dari apoteker sebelum menggunakan sumatriptan dan setiap saat Anda mengisi kembali. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan tanyakan pada dokter atau apoteker.

Minum obat ini dengan atau tanpa makanan sesuai petunjuk dokter, pada tanda pertama terjadinya migrain. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Jika tidak ada perkembangan, jangan menambahkan dosis obat ini sebelum konsultasi dengan dokter Anda. Jika sakit Anda hanya sembuh sebagian, atau sakit kepala kembali menyerang, Anda bisa mengambil dosis berikutnya setidaknya dua jam setelah dosis pertama. Jangan gunakan lebih dari 200 mg dalam kurun waktu 24 jam.

Obat ini juga bisa digunakan untuk membantu injeksi sumatriptan. Jika gejala hanya sembuh separuh atau sakit kepala Anda kembali, Anda dapat meminum sumatriptan setidaknya dua jam setelah injeksi, batas maksimal sampai dengan 100 mg dalam kurun waktu 24 jam.

Jika Anda berisiko tinggi terkena masalah jantung (lihat Pencegahan), dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan jantung sebelum Anda menggunakan sumatriptan. Dokter juga akan menganjurkan Anda untuk menggunakan dosis pertama obat ini di kantor/klinik untuk memantau bila terjadi efek samping serius (seperti, nyeri pada dada). Bicarakan dengan dokter untuk lebih rinci.

Penggunaan obat ini secara berlebih untuk mengobati serangan migrain dadakan terkadang dapat memperparah sakit kepala atau sakit kepala akan kembali terjadi. Oleh karena itu, jangan gunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang disarankan. Beri tahu dokter jika Anda perlu menggunakan obat ini lebih sering, bila obat ini tidak bekerja, atau bila sakit kepala Anda lebih sering terjadi atau makin parah. Dokter Anda mungkin perlu untuk mengganti obat atau menambahkan obat lain untuk mencegah sakit kepala.

Sumber : hellosehat.com

Dosis sumatripan yang diberikan oleh dokter tergantung dari bentuk obat tersebut. Untuk sumatriptan berbentuk tablet, biasanya dokter akan memberikan 50 hingga 100 miligram yang diulang setelah interval 2 jam jika migrain kembali menyerang bagi pasien dewasa. Dosis maksimal sumatripan tablet per hari adalah 300 miligram.

Sedangkan untuk sumatriptan berbetuk nasal spray, dokter umumnya akan memberikan 20 miligram untuk 1 lubang hidung yang dapat diulang setelah interval 2 jam jika migrain kembali menyerang bagi pasien dewasa. Dosis maksimal sumatripan nasal spray per hari adalah 40 miligram.

Jika pasien dewasa diberikan sumatriptan suntik, maka biasanya dosis yang diberikan dokter adalah 6 miligram dalam satu dosis yang bisa diulang setelah interval 1 jam jika migrain kembali menyerang. Dosis maksimal sumatripan suntik per hari adalah 12 miligram.

Sumber : www.alodokter.com

Sumatriptan adalah obat dengan fungsi untuk mengobati migrain. Obat ini dapat membantu mengurangi sakit kepala, nyeri, dan gejala migrain lainnya (termasuk mual, muntah-muntah, sensitif terhadap cahaya/suara). Pengobatan yang tepat akan membantu Anda kembali ke rutinitas normal dan dapat menurunkan kebutuhan Anda terhadap obat sakit lainnya. Sumatriptan termasuk kategori obat yang dikenal sebagai triptans. Obat ini mempengaruhi zat alami tertentu (serotonin) yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak. Hal ini juga dapat mengurangi rasa sakit dengan mempengaruhi saraf tertentu dalam otak.

Sumber : hellosehat.com