Efek samping dan bahaya lysine

image
Lysine adalah salah satu asam amino yang digunakan dalam memproduksi hormon, enzim, dan antibodi yang penting bagi tubuh manusia. Lysine juga berperan besar dalam pembentukan otot, penyerapan kalsium, dan penurunan kolesterol. Sebagai suplemen yang berdiri sendiri, lysine tidak tersedia. Namun, obat-obatan yang mengandung lysine memiliki fungsi yang serupa, yaitu mencukupi kebutuhan tubuh yang kekurangan asam amino. Apa saja efek dan bahaya obat ini?

Kenali efek samping dan bahaya Lysine
Seperti halnya obat-obatan lain, lysine juga berpotensi menyebabkan munculnya efek samping. Reaksi tubuh yang mungkin muncul adalah ruam kulit, mual, muntah, nyeri dada, dan palpitasi atau jantung berdebar. Efek samping yang lebih serius dapat berupa peningkatan sementara kadar amonia darah dan hipoglikemia.

Karena perannya untuk membantu penyerapan kalsium, lysine juga berpotensi menyebabkan hiperkalsemia sehingga pasien perlu selalu memantau level kalsium serta kondisi kesehatannya secara berkala.

Segera temui dokter jika pasien mengalami efek samping yang berkepanjangan atau makin parah.

Sumber : lysine

Dosis Lysine
Dosis lysine bisa diberikan dalam jumlah yang berbeda-beda, dilihat dari kondisi penyakit, berat badan pasien, dan respons pasien terhadap obat. Beda bentuk dan merek obat bisa mengandung kadar lysine yang berbeda. Konsultasikan pada dokter mengenai dosis yang tepat sesuai dengan keadaan tubuh Anda.

Sumber : lysine

Mengonsumsi Lysine dengan benar
Selalu perhatikan kemasan dan takaran yang telah dianjurkan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Untuk menghindari efek samping atau reaksi lain terhadap obat, pastikan asupan kalori anda cukup sebelum mengonsumsi obat. Lysine sebaiknya dikonsumsi bersama makanan atau sesudah makan. Pemeriksaan kadar kalsium juga perlu dilakukan untuk mencegah tingginya level kalsium pada darah.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi lysine, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat.

Sumber : lysine

Definisi Lysine

Lysine adalah salah satu asam amino yang digunakan dalam memproduksi hormon, enzim, dan antibodi yang penting bagi tubuh manusia. Lysine juga berperan besar dalam pembentukan otot, penyerapan kalsium, dan penurunan kolesterol. Sebagai suplemen yang berdiri sendiri, lysine tidak tersedia.

Sumber : lysine