Efek samping dan bahaya Levornogestrel

image
Levonorgestrel merupakan obat khusus wanita yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Obat ini bekerja dengan cara menangkal pembuahan telur oleh sperma setelah berhubungan seksual. Apabila telur tersebut terlanjur terbuahi, maka levonorgestrel mampu mencegah menempelnya telur pada rahim dengan cara mengubah lapisan organ tersebut. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Cari pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal, sulit bernafas, bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda merasa sakit parah di perut bagian bawah atau samping. Ini mungkin tanda kehamilan ektopik (kehamilan yang tertanam pada tabung fallopian dan bukan di rahim). Kehamilan ektopik adalah keadaan medis darurat.

Efek samping yang kurang serius yaitu:

  • mual, diare, atau sakit perut
  • pusing, merasa lelah
  • sakit payudara
  • perubahan pada masa menstruasi
  • sakit kepala

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda khawatir tentang efek sampingnya, silakan konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Sumber : hellosehat.com

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Gunakan satu tablet merek Plan B lewat mulut sesegera mungkin dalam 72 jam setelah berhubungan seks tanpa pelindung atau jika Anda menduga alat kontrasepsi gagal. Kemanjuran lebih baik jika tablet digunakan sesegera mungkin setelah hubungan seks tanpa pelindung. Tablet kedua sebaiknya digunakan 12 jam setelah obat pertama. Plan B bisa digunakan kapan saja dalam siklus menstruasi.

Jika Anda muntah-muntah dalam dua jam menggunakan dosis pengobatan ini, pertimbangan perlu diberikan untuk mengulang dosis obat ini.

Dosis untuk anak-anak tidak ditentukan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Sumber : hellosehat.com

Gunakan obat ini melalui mulut sesegera mungkin setelah seks tanpa pelindung. Instruksi Anda untuk menggunakannya tergantung merk yang digunakan. Oleh karena itu, cek label pada merek obat Anda dan tanyakan dokter atau apoteker jika Anda memiliki pertanyaan. Gunakan sesuai petunjuk, biasanya 2 tablet langsung, atau gunakan 1 tablet dan kemudian gunakan tablet kedua 12 jam setelah tablet pertama. Obat ini dapat digunakan dengan atau tanpa makanan. Obat ini bekerja dengan baik saat digunakan dalam 72 jam (3 hari) setelah seks tidak berpelindung.

Jika Anda muntah dalam 2 jam ketika menggunakan obat ini, hubungi dokter Anda untuk berdiskusi apakah Anda perlu mengulang atau mengganti dosisnya.

Jumlah dan waktu datang bulang mungkin tidak teratur setelah menggunakan obat ini. Kabari dokter Anda segera jika datang bulan Anda terlambat lebih dari 7 hari. Anda mungkin memerlukan tes kehamilan.

Sumber : hellosehat.com

Levonorgestrel adalah obat yang digunakan pada wanita untuk mencegah kehamilan setelah gagalnya alat KB (misalnya kondom rusak) atau melakukan seks tidak berpelindung. Obat ini adalah hormon progestin yang mencegah kehamilan dengan mencegah lepasnya telur (ovulasi) dan merubah rahim dan lendir serviks untuk membuat telur dan sperma semakin sulit bertemu (fertilisasi) atau melekat ke dinding rahim (implantasi).

Menggunakan obat ini tidak akan menggugurkan kehamilan yang sudah terjadi maupun melindungi Anda melawan penyakit seksual menular (misalnya HIV, gonorrhea, chlamydia).

Obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada wanita yang kelebihan berat badan (lebih dari 74 kg). Bicarakan dengan dokter Anda untuk detail lebih lanjut dan lihat apakah pengobatan ini cocok bagi Anda.

Obat ini sebaiknya tidak digunakan sebagai alat KB reguler.

Sumber : hellosehat.com