Efek samping dan bahaya ivermectin

image
Ivermectin adalah salah satu obat antelmintik, yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh parasit atau cacing. Apa saja efek samping dan bahayanya?

Kenali Efek Samping dan Bahaya Ivermectin
Reaksi tiap orang terhadap obat tentu berbeda-beda. Beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat mengonsumsi ivermectin meliputi:

  1. Mual.
  2. Muntah.
  3. Diare.
  4. Pusing.
  5. Ruam.
  6. Demam.
  7. Nyeri otot.
  8. Biduran.

Jika ada efek samping yang berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, segera temui dokter yang meresepkan obat untuk Anda atau datangi rumah sakit terdekat.

Sumber : ivermectin

Mengonsumsi Ivermectin dengan Benar
Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi ivermectin. Obat ini lebih baik dikonsumsi pada saat perut kosong (biasanya 1 jam sebelum sarapan) dan minum 1 gelas air putih.

Jangan lupa untuk menjalani tes kesehatan secara berkala ke dokter, khususnya pemeriksaan laboratorium pada sampel tinja. Langkah ini dianjurkan guna memastikan keefektifan obat untuk memberantas parasit dalam tubuh pasien. Pemberian obat biasanya akan diulang jika parasit belum habis diberantas.

Usahakan untuk mengonsumsi ivermectin pada jam yang sama untuk memaksimalisasi efeknya.

Sumber : ivermectin

Dosis Ivermectin

Takaran ivermectin akan ditentukan oleh dokter berdasarkan jenis penyakit yang ditangani, berat badan pasien, serta kondisi kesehatan pasien. Tabel berikut akan menjelaskan dosis ivermectin yang umumnya diberikan bagi pasien dewasa.

Jenis Penyakit Dosis
Filariasis 150 mcg / kg berat badan sekali minum untuk filariasis disebabkan cacing Mansonella streptocerca.200 mcg / kg berat badan sekali minum untuk filariasis disebabkan cacing Mansonella ozzardi.

Sumber : ivermectin

Definisi Ivermectin

Ivermectin adalah salah satu obat antelmintik, yaitu obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh parasit atau cacing.

Sumber : ivermectin

Contoh penyakit yang bisa diatasi dengan ivermectin meliputi:

  1. Filariasis.
  2. Ascariasis.
  3. Kudis.
  4. Gnathostomiasis.
  5. Onchocerciasis.
  6. Strongyloidiasis.

Kinerja ivermectin adalah dengan melumpuhkan dan membunuh parasit yang hidup dalam tubuh manusia. Obat ini hanya boleh digunakan dengan resep dokter.

Sumber : ivermectin