© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Efek buruk apa saja apabila bakteri bersarang di gigi dan mulut?

Mulut bisa menjadi sarang bakteri, karena setiap hariya kita memasukkan makanan melalui mulut. Proses mencerna makanan dengan gigi dapat meninggalkan sisa-sisa makanan di gigi yang tentu menjadikan mulut sebagai sarang bakteri. Kalau bakteri sudah berkembang biak di mulut, beberapa hal serius ini mungkin saja timbul pada Anda.

Efek buruk apabila didalam mulut dan gigi kita banyak bakteri antara lain :

  • Bau mulut tentu sangat mengganggu, karena selain menggaggu orang lain, juga bisa bikin Anda kurang percaya diri. Bau mulut atau halitosis disebabkan oleh akumulasi bakteri anaerob. Bakteri ini sering ditemukan di dalam mulut. Sebagian besar bakteri yang menyebabkan bau mulut hidup pada permukaan lidah dan juga di bawah lidah. Selain itu, bakteri ini juga biasa berada di garis gusi dan di atara gigi. Jika sisa-sisa makanan tertinggal di gigi, maka akan menjadi tempat bagi bakteri anaerob untuk hidup. Bakteri akan mengonsumsi nutrisi dalam makanan dan mengekuarkan produk-produk limbah, yang akan menimbulkan bau.

  • Lubang pada gigi umumnya terjadi karena adanya penularan bakteri yang disebut Streptococcus mutan. Sehabis Anda makan, tentu banyak sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Jika tidak dibersihkan, maka sisa makanan ini akan menjadi rumah bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri yang berkembangbiak di gigi Anda akan merusak email dengan menghasilan asam. Hal ini disebut dengan reaksi glikolisis. Prosesnya, bakteri akan mengubah gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa) dari makanan yang kita konsumsi menjadi asam laktat dengan proses reaksi glikolisis. Jika asam laktat ini mengenai gigi dapat menyebabkan demineralisasi. Demineralisasi merupakan proses terbuangnya garam mineral pada enamel gigi. Hal ini dapat mengakibatkan gigi Anda menjadi rapuh.

  • Radang gusi atau gingivitis biasanya disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi. Plak dan karang giigi mengandung banyak bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada gusi. Bila kebersihan mulut tidak diperbaiki, gingivitis akan bertambah parah. Sebagian besar kasus radang gusi termasuk kondisi yang ringan hingga menengah, tapi sebaiknya Anda mengobatinya dengan segera, juga mencegah hal ini terjadi sejak dini agar tidak menjadi parah.

  • Lebih buruk lagi, bakteri pada mulut dapat mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kanker mulut. Kanker mulut merupakan jenis penyakit kanker yang berkembang di dalam rongga mulut. Serangan kanker akan muncul pada bagian-bagian yang terdapat dalam mulut mulai dari lidah, gusi, bibir, langit-langit mulut sampai sisi dinding dalam pipi juga tenggorokan dan kelenjar air ludah. Ada kaitan erat antara tingginya kadar toksin dalam mulut dengan resiko terhadap kanker. Oleh karena itu, penyebab kanker mulut bisa berawal dari kebiasaan makan dan kebiasaan buruk dalam menjaga kebersihan mulut.

http://ciptadent.co.id/ini-dia-efek-buruk-bakteri-bersarang-di-gigi-dan-mulut-anda/