Do Won Chang, Owner The Clothing Retail Store Forever 21

Sumber: http://brainprick.com/made-billion-dollar-company-scratch-won-chang/

Biografi Do Won Chang

Tempat, Tanggal Lahir
Korea selatan, 20 maret 1954

Pekerjaan
Pengusaha, Pemilik Forever 21

Kekayaan
$2.8 Billion

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Riwayat Hidup
Ia hidup selama 18 tahun di korea selatan dan menikah dengan wanita bernama jin sook chang. Pada tahun 1981 dengan berbekal nekat mereka pindah ke california Amerika Serikat untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Pasangan suami istri ini mendarat di California tanpa bekal persiapan yang matang. Mereka bukanlah lulusan perguruan tinggi dan tidak bisa berbahasa Inggris. Alhasil, mereka pun harus bekerja serabutan demi menyambung hidup. Do won Chang adalah salah satu miliarder versi forbes. Saat ini Do Won Chong memiliki 480 toko di bawah bendera The Forever 21, XXI Forever, ForLove 21, dan Heritage 1981. Jaringannya tersebar di 15 negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Asia, Timur Tengah dan Inggris. Mereka di karuniai 2 orag anak yaitu Linda yang juga sebagai pemasaran dalam Forever 21 dan Esther sebagai Desain Web Forever 21.

Riwayat Karir
Berbagai pekerjaan pun dilakukannya. Mulai dari menjadi petugas kebersihan, penjual kopi hingga jualan bensin. Pekerjaan tersebut harus dilakukannya selama tiga tahun terakhir. Hingga akhirnya, ia memperhatikan sesuatu yang mengubah pandangannya. Ia menyadari bahwa banyak orang kaya yang mampu mereguk sukses lewat bisnis di bidang pakaian. Alhasil, ia pun akhirnya membuka sebuah toko pakaian di Los Angeles pada 1984. Toko tersebut ia namakan Fashion21. Berbeda dengan pekerjaan sebelumnya yang banyak menuai gagal, di tahun pertama tokonya mampu mendapat rekor penjualan hingga US$ 700 ribu. Mereka kemudian melebarkan pasar untuk kalangan remaja. Target pasar ini disasar karena kebutuhan fashion mereka cukup tinggi. Strateginya adalah menjual barang berkualitas dengan harga relatif murah. Setelah titik awal yang baik ini, mereka memulai membuka toko baru setiap enam bulan sekali dan akhirnya berganti nama menjadi Forever 21.

Fakta - Fakta :

  1. Tinggal di california
  2. Memulai bisnis pada tahun 1984
  3. Nama Forever 21 sebelumnya adalah fashion 21
  4. Do won chang tidak pernah kuliah
  5. Mendapat $700.000 pada tahun pertama penjualan
  6. Memiliki 2 anak perempuan
  7. Orang terkaya nomer 380 dunia

Quotes:
“I think right now everyone is very similar. Although the looks are similar, we are totally different”. Do Won Chang

Referensi




https://successstory.com/people/do-won-chang

Do Won “Don” Chang adalah pendiri brand pakaian Forever 21. Don berasal dari Korea Selatan. Di negara asalnya, Ia bekerja di gerai kopi. Jiwa kerja keras Don sudah terlihat sejak kecil. Ia bahkan memulai jasa pesan antar kopi. Don sudah bermimpi untuk pindah ke Amerika sejak kelas enam SD. Setelah menikah dengan Jin Sook, mereka memulai perjalanan untuk pindah ke Amerika. Saat itu mereka berumur 26 tahun, tidak memiliki uang, tidak bisa berbahasa inggris, dan bukan lulusan perguruan tinggi. Saat tiba di Amerika, Don langsung melamar kerja ke gerai kopi. Tak hanya itu, untuk menutupi kebutuhan hidup, Ia juga bekerja sebagai petugas kebersihan dan petugas pom bensin. Awalnya, mereka ingin mengadu nasib di industri kopi, tetapi pikiran Don berubah saat Ia bekerja di pom bensin. Setiap kali Don melihat orang yang menyetir mobil mewah ingin mengisi bahan bakar, Ia selalu bertanya. Sejak itulah pemikiran Don berubah. Orang-orang yang Ia lihat menyetir mobil mewah rata-rata bekerja di bidang fashion

Setelah bekerja dan menabung selama tiga tahun, Ia akhirnya mengumpulkan biaya sebesar $11.000 untuk memulai bisnis fashion. Pada tahun 1984, toko bernama Fashion 21 dibuka oleh Don di kota Los Angeles. Target awal konsumen dari toko ini adalah warga Amerika yang berdarah Korea. Pada tahun pertama, Fashion 21 meraup keuntungan sebesar $700.000. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibanding keuntungan yang diraup pemilik-pemilik usaha sebelumnya di tempat tersebut. Untuk menarik konsumen yang lebih luas, Don mengganti nama tokonya menjadi Forever 21. Kesuksesan Forever 21 semakin bertambah dengan adanya pembukaan toko baru setiap enam bulan sekali.

Sekarang, Forever 21 merupakan brand fashion yang sudah meluas ke seluruh dunia. Lebih dari 600 toko sudah dibuka. Keuntungan yang diraup mencapai kurang lebih empat miliar dollar. Forever 21 adalah perusahaan milik keluarga. Kedua putri dari Don memegang peran penting di Forever 21. Putri pertamanya yang bernama Linda memegang bagian marketing dan putri keduanya yang bernama Esther memegang bagian visual seperti desain grafis dan sebagainya. Ia mengatakan, kunci sukses dari usahanya adalah pengertian tentang dunia bisnis yang mendalam.

Sifat-sifat yang dapat kita pelajari dari Do Won Chang adalah:

  1. Jangan takut untuk bermimpi.
  2. Pekerja keras. Don tidak hanya bekerja di gerai kopi. Ia juga bekerja sebagai petugas kebersihan dan petugas pom bensin. Semuanya Ia jalani dengan sepenuh hati.
  3. Bisa membuat mimpi menjadi kenyataan. Don tidak hanya memiliki mimpi, Ia mengetahui apa yang harus dilakukan agar mimpi tersebut bisa terwujud. Meskipun akhirnya berubah dari industri kopi ke fashion, Ia tetap semangat mewujudkan mimpi untuk sukses.
  4. Berani mencoba hal baru. Don rela meninggalkan kehidupannya di Korea Selatan untuk memulai kehidupan baru di Amerika. Manis pahitnya kehidupan baru Don di Amerika pun dinikmati dengan sepenuh hati.

“You can’t go into business thinking that success will come to you in just one or two years.” -Do Won Chang

“Retail is like a marathon, not a dash race.” -Do Won Chang

Sumber:
-https://erply.com/do-won-chang-is-best-known-for-founding-the-clothing-retail-store-forever-21/
-http://www.businessinsider.com/rags-to-riches-story-of-forever-21-cofounders-2015-5/?IR=T
-http://articles.latimes.com/2010/jul/31/business/la-fi-himi-chang-20100731

image

Ketika Anda terjebak dalam jatuh bangun untuk meraih kesuksesan mungkin perjalanan Anda belum seberapa dengan deretan-deretan orang sukses yang ada. Jika usaha dan perjuangan yang Anda lakukan selama ini belum membuahkan hasil yang diinginkan, Anda yang sedang menjalani berbagai rintangan janganlah cepat menyerah dan putus asa.

Beberapa orang kelas atas pasti menitih perjuangannya dari bawah akan tetapi,Apabila Anda bermimpi besar agar dapat bersaing dengan mereka maka semua tergantung dengan sikap dan langkah apa yang diambil. Seseorang yang berani keluar dari zona nyamannya dan berani untuk mencoba hal baru dapat menjadi salah satu langkahnya menuju kesuksesan.

Untuk meraih kesuksesan itu, membutuhkan banyak faktor penting yang harus dilakukan. Dari berbagai latar belakang, seseorang dapat pula meraih kesuksesan seperti halnya salah satu CEO pakaian ternama dunia yaitu Do Won Chang,pemilik clothing brand FOROVER21 yang merupakan satu dari orang terkaya di dunia yang dapat masuk dalam deretan miliarder versi forbes.com

Profil singkat Do Wong Chan

Lahir : 20 Maret 1954 (63 tahun), Korea Selatan
Pasangan : Jisook Chang
Kekayaan bersih : 2,9 Miliar USD (Forbes 2017)
Anak : Linda Chang, Ester Chang
Organisasi yang didirikan : Forever21

Sebelum meraih kesuksesan, Do Wong Chan mengalami berbagai kegagalan yang harus Ia lalui seperti halnya manusia biasa yang menemukan sisi pahit dalam hidupnya.

Do Won Chang yang lahir dan tumbuh di korea memutuskan untuk menikah dengan sang istri. Ketika itu, di Korea dia orang yang sangat jauh dari kata-kata yang disebut ‘kaya’. Ia berkeinginan untuk mengubah nasibnya dengan pindah bersama sang istri dari negeri ginseng tersebut. Awalnya, Dia tidak memiliki mimpi yang besar akan tetapi, keadaan yang harus membuatnya bertahan untuk memiliki hidup yang lebih Baik lagi.

1. Pindah dari Korea Selatan ke California pada 1981

Amerika Serikat yang disebut juga negeri paman sam itu merupakan pilhannya, menurutnya Negara yang sangat maju merupakan pilihan yang tepat untuk bermukim dan mengais rejeki dengan harapan yang baru. American Dream, begitu mereka menyebutnya. Ia dan istrinya yang pindah dari Korea Selatan ke California tidak memiliki bekal apapun dan kemampuan apapun tetapi nekat untuk hidup di sana. Tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup apalagi lulusan pendidikan perguruan tinggi tidak pernah disandangnya.

2. Bekerja Serabutan.

Awalnya, Ia deberikan tawaran untuk bekerja di sebuah kedai kopi untuk menjadi petugas kebersihan di pagi hari. Saat melakukan pekerjaan tersebut dia merasa gaji yang dia terima belum cukup memenuhi kebutuhan hidupnya. Akhirnya, dia memutuskan bekerja lagi pada sore hari untuk memompa gas dan mengelola bisnis pembersihan kantor kecil-kecilan hingga larut hari. Istrinya, Jin sook, bekerja sebagai penata rambut seperti keahliannya yang pernah ditekuni saat di korea.

Suatu Saat Do Wong berada di Pom bensin dan meliahat bahwa pria kaya yang mengendarai mobil bagus itu adalah seseorang yang bekerja di bidang garment. Mulanya, Dia tidak mengerti industri garment itu apa tetapi, setelah ia mencari bahwa garment adalah industri pakaian atau fashion hal itu mengilhaminya untuk ikut terjun di bidang yang sama.

Dia bertekad untuk mempelajarinya bidang tersebut dan mengatakan bahwa “I treated it like it was my own business,” pada forbes.

Hidupnya yang hemat membuat sebuah perubahan, Hasil tabungannya yang selama ini disimpan selama 3 tahun kemudian di buat modal untuk memulai bisnis garment. Beberapa kesuksesan yang dialaminya yaitu:

1. Memulai Bisnisnya pada 1984

Ia dan sang Istri membuka toko pertamanya yang diberi nama Fashion21 di Los Angles,California.Fokus awal bisnis mereka adalah menjual pakaian untuk kalangan setengah baya. Barang dagangan dipasok dari Korea Selatan. Sang istri sangat membantu dalam hal kejelian memilih jenis pakaian yang akan dipajang di toko. Pilihan sang istri ternyata tepat. Terbukti, tokonya diserbu pembeli.

2. Tahun pertama tokonya mampu mendapat rekor penjualan hingga US$ 700 ribu.

Tidak seperti bisnis yang dia jalankan sebelumnya, penghasilan yang Ia dapat dari bisnis garment dapat mencapai 700 ribu US dollar di tahun pertamanya. Karena bisnis yang yang lancar mereka memutuskan untuk membidik pasar remaja untuk dijadikan target penjualan selanjutnya.
image

3. Membuka Toko baru setiap 6 bulan sekali

Tidak puas dengan apa yang mereka peroleh, Akhirnya memutuskan untuk membuka gerai toko setiap 6 bulan sekali dan saat ini keuntungan yang dapat diperolehnya dari penjualan adalah 4,4 miliar US dollar 2015 dari 790 lokasi dari 48 negara di kutip dari forbes.

Menjadi Imigran di Negara orang dan bermimpikan suskses bukan lah perkara yang mudah bagi Do Wong Chang dan Istrinya. **Perlu beberapa skill yang dimiliki bagi Do Wong Chan dan istrinya agar menjadi seperti sekarang ini.

Beberapa kemampuan tersebut yaitu:

1.Memiliki Otak bisnis dengan cepat dengan dapat membidik segala kalangan dalam pasar fashion,
2.memiliki kemampuan untuk melihat situasi dan kondisi dengan melihat kebutuhan yang menjadi trend saat ini
3. berani mengambil risiko dengan berpindah dari korea selatan ke Amerika, dll.

Banyak Hal yang dapat kita contoh dari Sikap kedua pasangan tersebut, diantaranya berani membangun impian, bekerja keras, pantang menyerah, berani berjuang dengan gigih dan konsisten,mau mengoreksi diri demi kebaikan, mau berubah dan berkembang, serta memiliki semangat yang tinggi untuk meraih impian.
Seperti yang di katakannya bahwa

“You can’t go into business thinking that success will come to you in just one or two years.

Seseorang tidak akan sukses dengan hanya sekejap, berbagai proses memang harus kita lalui. Oleh karena itu, kita harus terus berjuang, berusaha, dan berdoa.

Sumber:

th9O4LSRPW

Do won chang lahir pada 20 maret 1954 di Korea Selatan,dia adalah bisnisman amerika kelahiran korea,dia lebih dikenal sebagai pendiri bisnis pakaian forever 21. Won Chang awalnya tinggal di Korea Selatan. Dia juga tidak pernah memiliki kehidupan yang besar di negaranya sendiri. Bahkan, ia tumbuh bekerja di kedai kopi.Sekarang dia adalah pria di balik toko yang menjual pakaian trendi dan murah untuk wanita dan pria.

Do Won Chang adalah miliarder dengan setingan/gaya yang bagus, dan dia tidak bermasalah dengan keuangannya.Kekayaan bersihnya pada 2016 sekitar $ 5,4 miliar. Dia bukan orang terkaya di dunia, tapi mungkin dia tidak keberatan dengan fakta bahwa dia cukup jauh dari daftar milyarder di dunia. Apa yang kebanyakan orang tidak tahu tentang Won Chang adalah bahwa dia dan istrinya tidak berpendidikan tinggi. Tak satu pun dari mereka yang mendapatkan gelar sarjana. Meski sekarang ia bergabung dengan daftar panjang pria dan wanita yang merupakan miliarder sukses yang tidak berpendidikan tinggi.

Chang dibesarkan di Korea Selatan bersama keluarganya sebelum dia memilih untuk menikah dan pindah ke California. Dia sudah lama berada di sana, sehingga dia menyebutnya rumah dan mencintai daerah itu. Dia pindah ke sana bersama istrinya pada tahun 1981.

Saat pindah ke California, Do Won Chang belum menjadi pemain besar di industri pakaian. Dia memulai bisnisnya pada tahun 1984 setelah dia berada di negara bagian selama lebih dari tiga tahun. Dia siap melakukan sesuatu yang berbeda dengan hidupnya, dan inilah arah yang dia pilih untuk pergi. Ini berhasil cukup baik baginya juga.Dia tahu dia ingin melakukan semacam bisnis. Dia memutuskan untuk berbelanja eceran saat melihat para pengusaha mengendarai mobil paling mewah di kota. Inilah satu-satunya alasan dia mengambil bisnis pakaian, seperti yang dinyatakan dalam banyak wawancara.

Sebelum bernama Forever 21, nama toko Do Won Chang sebenarnya adalah Fashion 21. Fashion 21 adalah nama yang pertama kali mereka pilih untuk toko kecil yang dimulai pasangan di Highland Park, Los Angeles pada tahun 1984.Nama itu tidak benar-benar bekerja untuk waktu yang lama, dan akhirnya perlahan berubah di beberapa toko cabang.Pada saat 2010 berguling, ia memiliki lebih dari 450 toko.Berkat dedikasi Chang yang ekstrem, bisnis berkembang dengan mantap. Pada tahun pertama, menghasilkan $ 700.000.

Mereka terkejut dengan seberapa cepat pakaian mereka terjual dan berapa banyak uang yang mereka hasilkan. Saat itulah mereka memutuskan bahwa dengan penghasilan semacam itu, mereka bisa membuka toko baru setiap enam bulan sekali. Itulah impian mereka, dan mereka bisa melampaui itu lebih dari yang bisa mereka bayangkan. Itu adalah bisnis yang bagus untuk mereka.Ini berkembang lebih jauh di Amerika Serikat dan di luar. Pasangan tersebut mengubah nama merek menjadi Forever 21 nanti. Sejak saat itu, namanya berkembang dengan agresif, sekarang dengan toko-toko di seluruh 50 negara di seluruh dunia.

Do Won Chang telah menjalani kehidupan yang cukup beruntung sejak memasuki dunia fashion. Dia telah masuk daftar miliarder Forbes untuk beberapa lama. Dia bergerak sedikit, jatuh dan naik dari tahun ke tahun. Tahun ini, dia adalah orang terkaya ke 380 di dunia. Jika Anda menyelidiki sedikit lebih jauh ke dalam daftar berdasarkan kekayaan bersihnya, dia adalah orang terkaya nomor 133 di Amerika Serikat. Dia punya banyak uang di bank, dan dia memiliki bisnis yang sangat sukses untuk terus dikembangan.Umurnya masih 62, jadi dia punya banyak waktu di depannya untuk menikmati pekerjaannya sebelum tiba waktunya untuk pensiun.

Sifat yang patut kita tiru:

1.Berani keluar dari zona nyaman,terbukti saat dia memutuskan untuk pindah ke California.

2.Berani bermimpi,terbukti saat dia bermimpi saat melihat orang kaya dengan mobil mewah.

3.Pantang menyerah,terbukti dengan dedikasinya bisnisnya bisa berjalan dengan lancar.

4.Gigih dan ulet,terbukti walau dia tidak berpendidikan tinggi dia teta bisa sukses.

Quote yang menggugah:

“Everyone wants something different, and they want it immediately,You have to be very fast because other retailers are right behind you."

“Success isn’t a dash race, it’s a marathon”

Sumber :