Diskusi online lebih efektif dan efisien dibandingkan diskusi offline?

  • Agree
  • Not Agree

0 voters

Dizaman yang modern ini, hampir semua aspek sudah bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini disebabkan oleh kemjuan teknologi yang begitu pesat. Berkembangnya sosial media yang semakin banyak dan semakin berinovasi membuat manusia semakin kreatif dalam melakukan segala hal.

Salah satu inovasi yang terbaru adalah diskusi online. Diskusi online salah satu cara diskusi yang medianya adalah sosial media atau suatu web tertentu. Dizaman sekarang ini, diskusi online semakin marak dan semakin banyak dilakukan. Contohnya adalah Diskusi Online tentang dua tahun umur kepemimpinan Jokowi-JK yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial Politik dari salah satu Eksekutif Mahasiswa Universitas Terkemuka di Indonesia beberapa waktu lalu.

Apakah diskusi online lebih efektif dan efisien dibendingkan diskusi offline?

3 Likes

:white_check_mark: Agree

Saya setuju diskusi online lebih efektif dengan diskusi offline karena diskusi online lebih efisien dan hemat waktu. Diskusi online juga memudahkan orang-orang yang berada di beda tempat yang sangat jauh untuk melakukan diskusi bersama tanpa bertemu secara langsung.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Selain memudahkan untuk berdiskusi antara dua orang yang terpisah dengan jarak yang sangat jauh, diskusi online juga bisa membuat seseorang mngemukakan opininya lebih jujur. Terkadang, seseorang malu atau takut jika mengemukakan opininya secara langsung. Ada beberapa orang yang merasa lebih nyaman jika mengemukakan opini lewat sosial media atau melalui tulisan.

2 Likes

:white_check_mark: Agree

Saya setuju karena setiap pribadi punya kesibukkan yang berbeda-beda. Dengan diskusi online, semua peserta diskusi bisa melakukannya walau di tempat berbeda. Lalu, hasil rapat bisa langsung dilihat kembali di jejaring sosial yang digunakan setelah selesai rapat.

2 Likes

:white_check_mark: agree
Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara 2 orang atau lebih. Diskusi merupakan tempat untuk pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat, yang bertujuan untuk mencari kesepakatan pendapat. Tapi tidak semua kegiatan yang bertukar pikiran disebut dengan diskusi, karena diskusi merupakan suatu proses bertukar pikiran atau gagasan secara terarah. Jadi diskusi dilakukan jika ada permasalahan yang hendak dicarikan solusinya dan persoalan tersebut dijadikan sebagai bahan diskusi.

Diskusi Online adalah diskusi yang dilakukan melalui suatu media di internet. Online sendiri memiliki makna terhubung atau terkoneksi dengan internet. Diskusi online dapat diartikan sebagai suatu interaksi komunikasi seperti pertukaran pikiran, gagasan, dan pendapat yang dilaksanakan tanpa harus bertemu secara langsung.

Pertama, menurut saya diskusi online merupakan diskusi yang satu langkah lebih maju dari diskusi offline. Dibandingkan diskusi offline yang harus mencari tempat dan waktu yang sesuai untuk bertemu, diskusi online lebih fleksibel. Diskusi online dapat dilangsungkan tanpa harus menentukan tempat berdiskusi, ini jauh lebih memudahkan karena pendiskusi tidak perlu untuk membuang waktu untuk mencapai tempat berdiskusi. Diskusi online dapat langsung dimulai di mana saja, hanya dibutuhkan sebuah perangkat dan menghubungkannya ke Internet maka diskusi dapat dimulai.

Kedua, menurut saya Diskusi online mampu menghilangkan batas yang disebut jarak. Ketika kita ingin berdiskusi dengan seseorang secara online, jarak bukanlah sebuah penghalang. Dengan bantuan kemajuan teknologi diskusi online mampu membuat kita dapat terhubung dengan rekan diskusi kita kapan saja. Dengan Diskusi online yang tidak terhalang jarak, diskusi akan menjadi lebih menarik karena kita dapat berdiskusi dengan orang dari belahan dunia manapun, ini akan menciptakan diskusi yang lebih kaya akan gagasan dan pendapat.

dari pemaparan diatas dapat dikatakan bahwa diskusi online merupakan suatu kemajuan teknologi yang dapat membuat diskusi menjadi jauh lebih mudah dibanding diskusi offline. Diskusi online mampu:

1. menghemat biaya yang diperlukan untuk memesan tempat, perjalanan menuju tempat diskusi.
2. menghemat waktu yang diperlukan untuk perjalanan ke tempat diskusi.
3. menghilangkan jarak, dengan diskusi online kita dapat berdiskusi dengan orang di belahan dunia manapun, sehingga diskusi menjadi lebih kaya akan pendapat dan gagasan.

sehingga diskusi online dapat dikatakan lebih efektif dan efisien dibandingkan diskusi offline.

referensi : http://teachingandlearning.westminster.ac.uk/2014/10/online-discussions-advantages-disadvantages/ - tanggal 15 November 2016

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Salah satu cara untuk mendapatkan keputusan dari sebuah permasalahan adalah dengan cara berdiskusi, tapi diskusi juga dapat dilakukan secara langsung maupun tidak (online).
Dalam hal ini saya lebih setuju dengan diskusi yg dilakukan secara langsung selain dapat menjalin sosialisasi yang baik juga bermanfaat untuk melatih gaya bicara dan mental seseorang.
Banyak hal yang dapat kita terima melalui diskusi secara langsung (tatap muka).
Selain yang saya sebutkan tadi diskusi offline juga dapat menguji seberapa paham seseorang tentang topik diskusi tersebut.
Dalam diskusi online banyak hal yang menyimpang dapat terjadi, seperti:

  • saat melakukan diskusi, peserta diskusi dapat mencari referensi lain sebagai pendukung atas argumen yang telah di sampaikan jadi ilmu yang didapat tidak secara menyeluruh, sedangkan diskusi offline tidak memiliki waktu belajar lagi saat melakukan diskusi dan sebelum melakukan diskusi memang telah mempersiapkan diri dengan matang dengan belajar sebelum diskusi dimulai jadi ilmu yang diperoleh akan lebih banyak.
  • peserta diskusi online juga dapat bekerja sama dengan seorang ahli tentang topik diskusi yang tidak termasuk anggota diakusi, hal ini dapat mengakibatkan peserta diskusi akan lebih mengutamakan penjelasan dari ahli tersebut daripada memberi argumen yang berasal dari pikirannya sendiri dan ada kemungkinan juga pendapat dari ahli tersebut tidak dipahami terlebih dahulu oleh peserta diskusi, sedangkan peserta diskusi offline dapat juga bekerja sama dengan seorang ahli tapi hal itu dilakukan sebelum diskusi dimulai sehingga peserta diskusi dapat memahami penjelasan dari ahli tersebut.

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Menurut saya,Diskusi secara online tidak lah effektif.mengapa?
-pembaca kemungkinan besar salah mengartikan apa yang di katakan oleh salah satu peserta diskusi.
-tidak semua orang menggunakan internet ataupun mengerti internet,jadi mereka yang tidak menggunakan internet tidak bisa bergabung dalam diskusi online tersebut.
-Internet sangat banyak gangguan,misalkan kecepatan internet kita jelek atau internet kita sering sekali terputus putus.jadi tidak nyaman saat berdiskusi online.
dan,Penyampaian secara langsung dari mulut ke mulut lebih mudah dimengerti dan lebih cepat masuk ke otak dibandingkan dengan melalui media.

:white_check_mark: Agree

Menanggapi pernyataan oflan yang mengakatakan bahwa saat diskusi online peserta diskusi dapat mencari referensi lain sebagao pendukung argumen yang telah di sampaikan jadi ilmu yang didapat tidak secara menyeluruh. saya sangat tidak paham dengan maksud tersebut. Diskusi merupakan tempat untuk pertukaran pikiran, gagasan dan pendapat, yang bertujuan untuk mencari kesepakatan pendapat atau solusi dalam mengatasi suatu masalah. jadi, dalam berdiskusi wajar bila seseorang mencari referensi yang sebanyak-banyaknya. dengan referensi yang banyak akan memperkaya pengetahuan sehingga gagasan dan pendapat yang dimiliki lebih banyak dalam mengatasi suatu masalah dalam berdiskusi.

selanjutnya saudara oflan juga menytakan bahwa peserta diskusi online juga dapat bekerja sama dengan seorang ahli tentang topik diskusi yang tidak termasuk anggota diakusi, hal ini dapat mengakibatkan peserta diskusi akan lebih mengutamakan penjelasan dari ahli tersebut. sekali lagi saya tenkankan bahwa tujuan disuksi adalah untuk bertukar gagasan dan pendapat, dengan adanya ahli yang kita ajak berdiskusi tentunya akan semakin bagus. Dengan pendapat ahli yang tentunya lebih memahami bidangnya kita akan mendapatkan ilmu-ilmu sehingga wawasan kita bertambah dan dapat memecahkan masalah dalam suatu diskusi dengan tepat.

:white_check_mark: Agree

Argumen yang dikemukakan oleh saudara dorojatun sungguh tidak beralasan sama sekali. pendapatnya tentang diskusi online bahwa :
-pembaca kemungkinan besar salah mengartikan apa yang di katakan oleh salah satu peserta diskusi.
-tidak semua orang menggunakan internet ataupun mengerti internet,jadi mereka yang tidak menggunakan internet tidak bisa bergabung dalam diskusi online tersebut.
-Internet sangat banyak gangguan,misalkan kecepatan internet kita jelek atau internet kita sering sekali terputus putus.jadi tidak nyaman saat berdiskusi online.
dan,Penyampaian secara langsung dari mulut ke mulut lebih mudah dimengerti dan lebih cepat masuk ke otak dibandingkan dengan melalui media.
Dari semua argumen diatas saya ingin tekankan bahwa diskusi online merupakan satu langkah lebih maju dibanding diskusi offline. Diskusi online sama dengan diskusi offline, hanya saja diskusi online dapat lebih efektif dan efisien karena diskusi tersebut dapat dialkukan dimana saja dan kapan saja. Masalah yang berhubungan dengan internet saya ingin menyampaikan bahwa sekarang internet bukanlah hal yang mahal. Di Indonesia internet sudah merata, dari sabang sampai merauke semua orang dapat mengakses internet.

sumber dari idkeyword (http://blog.idkeyword.com/profil-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2015/) mengatakan bahwa “Wilayah Jawa dan Bali menjadi wilayah yang memiliki pengguna internet terbanyak di Indonesia dengan 52 Juta. Disusul dengan Sumatra yang berjumlah 18,6 Juta dan Sulawasei yang memiliki 7,3 Juta pengguna internet. Wilayah Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku memiliki jumlah 5,9 Juta. Dan terakhir, wilayah Kalimantan dengan jumlah pengguna internet sebanyak 4,2 Juta. Anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Jawa Barat menjadi provinsi dengan pengguna internet terbanyak, yaitu sebanyak 16,4 Juta.” jadi dapat diketauhi bhwa di era sekarang internet bukanlah hal yang susah diakses, melainkan sudah menjadi hal yang biasa bahkan di daerah terpencil sekalipun!

:white_check_mark: Agree

Menurut Casey Horton, seorang lulusan Ashford University, kebanyakan orang sekarang adalah orang sibuk yang membutuhkan suatu program yang menawarkan kenyamanan fleksibilitas. Kenyamanan fleksibilitas bisa kita dapatkan pada diskusi online, seperti yang dikutip pada http://www.rasmussen.edu/student-life/blogs/college-life/online-vs-traditional-education-answer-never-expected/.