Dimana sih gunung berapi yang dapat dikunjungi di Indonesia?

gunung berapi
Meskipun gunung berapi adalah gunung yang berbahaya untuk dikunjungi, apakah ada gunung berapi yang dapat dijadikan destinasi wisata ?

Dari Sabang sampai Marauke banyak gunung berapi yang bisa disambangi. Hamparan pemandangannya sungguh menggoda, begitu alami, dan sangat segar. Ada beberapa gunung berapi yang dapat dijadikan destinasi wisata karena pemandangannya yang indah, antara lain:

  1. Gunung Pulosari, Banten
    Banten selama ini terkenal karena hadirnya gunung Krakatau, tetapi ada gunung berapi yang sangat indah ialah Gunung Pulosari. Di mana gunung sangat cocok didaki oleh pemula karena medan yang tidak terlalu berat dengan ketinggian 1346 MDPL. Gunung ini menyimpan kisah mistis, karena banyak situs-situs kuno yang dapat ditemukan di Pulosari. Menurut sejarah Banten, gunung ini dulunya terkenal sebagai tempat Sunan Gunung Jadi menyiarkan agama Islam, dan gunung Pulosari merupakan tempat kramat kerajaan banteng saat itu.

  2. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur
    Gunung Kelimutu memang menjadi sasaran banyak turis dunia karena danau tiga warna yang dimilikinya. Di mana setiap warna menggambarkan kekuatan alam yang sangat dahsyat, dan berbeda-beda. Danau biru atau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dipercaya sebagai tempat jiwa muda mudi yang meninggal. Danau Warna merah atau Tiwu Ata Polo merupakan tempat jiwa orang jahat yang semasa hidup menjadi penjahat. Sementara danau warna putih, dikenal sebagai tempat jiwa-jiwa orang tua yang sudah meninggal.

  3. Gunung Dempo, Sumatera Selatan.
    Gunung Dempo ini memiliki tinggi hingga 3159 MDPL dan terletak di antara perbatasan Sumatera Selatan, dan provinsi Bengkulu. Anda bisa pergi ke sini dari Palembang dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam. Pesona yang dihadirkan sungguh indah, di mana ada air terjun, kebun teh, dan ada juga danau berwarna biru. Wisatawan yang hendak pergi ke sini, lebih baik menyewa tur guide terlebih dahulu agar keselamatan terjaga.