Dimana sajakah tempat terbaik untuk melakukan panjat tebing di Indonesia?

panjat tebing
Panjat tebing atau istilah asingnya dikenal dengan Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olah raga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Dimana sajakah tempat terbaik untuk melakukan panjat tebing di Indonesia?

Tebing Uluwatu
Tebing ini berlokasi di Bali dengan ketinggian sekitar 75 hingga 100 meter. Memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi dengan dinding relief cenderung tajam. Letaknya berada di bibir pantai membuat tebing ini memiliki keindahan alam tersendiri.

Gunung Api Purba
Berlokasi di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tebing-tebing di kawasan Gunung Api Purba ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari yang mudah hingga sulit, sehingga dapat dijadikan tempat pemanjatan bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Tebing Citatah
Tebing ini merupakan salah satu lokasi panjat tebing terbaik di Indonesia yang terletak di Desa Cipatat, Padalarang, Bandung. Memiliki jenis kesulitan bervariasi dengan jenis batuan karst. Citatah memiliki tiga tebing, yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 dan 125 adalah tebing yang paling sering dipilih bagi pemanjat.

Tebing Nunggal
Lokasinya berada di Cileungsi, kabupaten Bogor. Tebing ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena minim pegangan sehingga sangat cocok untuk pemanjat yang berpengalaman.

Tebing Pantai Siung
Lokasinya terletak di Pantai Siung, Dusun Wates, Gunungkidul, Yogyakarta. Selain menawarkan keindahan pantainya yang indah, Pantai Siung juga menawarkan tebing-tebing yang dapat dipanjat dengan lokasi bervariasi. Ukuran tebing tertinggi sekitar 15 m dengan jenis batuan karst. Jika memanjat tebing di Pantai Siung para Pemanjat akan disuguhkan sensasi pemandangan laut yang indah dari atas tebing.