Dimana biasanya data disimpan?

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.

Pada saat pemrosesan data didalam komputer, biasanya data yang sudah diproses dalam komputer disimpan untuk kepentingan selanjutnya. Jika setiap data yang diproses selalu disimpan, bisa dibayangkan berapa puluh ribu data yang ada disetiap komputer. Dari seluruh data yang tersimpan didalam komputer, sebenarnya data – data tersebut tersimpan didalam satu tempat yang memang berfungsi untuk menyimpan data – data dalam komputer. Media penyimpanan data dalam computer disebut sebagai memory atau storage. Dalam hal ini pengertian memory terbagi menjadi 2, yaitu internal memory dan external memory. Internal memory merupakan suatu memory yang terletak di dalam CPU, sedangkan memory yang terletak di luar CPU dikatakan sebagai external memory. Memori dari CPU sangat terbatas sekali dan hanya dapat menyimpan informasi untuk sementara waktu. Oleh sebab itu alat penyimpan data yang permanen sangat diperlukan. Informasi yang disimpan pada alat-alat tersebut dapat diambil dan ditransfer pada CPU pada saat diperlukan. Alat tersebut dinamakan secondary memory / auxiliary memory atau backing storage.

Pada dasarnya media penyimpanan didalam komputer dibedakan menjadi dua macam yaitu primary memory dan secondary memory, primary storage atau juga dikenal sebagai internal memory terdiri dari dua bagian yaitu RAM dan ROM. RAM merupakan Bagian dari main memory, yang dapat kita isi dengan data atau program dari diskette atau sumber lain. Data-data dapat ditulis maupun dibaca pada lokasi dimana saja didalam memori. RAM bersifat VOLATILE, sedangkan ROM merupakan Memori yang hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengan program maupun data, dikerjakan oleh pabrik. ROM biasanya sudah ditulisi program maupun data dari pabrik dengan tujuan-tujuan khusus. Misal : Diisi penterjemah (interpreter) dalam bahasa basic. Jadi ROM tidak termasuk sebagai memori yang dapat kita pergunakan untuk program-program yang kita buat. ROM bersifat NON VOLATILE.

Sedangkan Secondary memory atau juga dikenal sebagai eksternal memory merupakan suatu tempat atau sarana yang bisa dipakai computer untuk menyimpan data atau program, dan mempunyai fungsi hampir sama dengan internal memory. Pada memori jenis ini tidak wajib ada system computer, tidak seperti pada internal memori yang keberadaannya wajib dan harus ada. Memori eksternal dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam memori primer, yaitu dapat mengatasi masalah keterbatasan area pada memori primer. Sifat dari memori eksternal ini adalah non-voletile.

Referensi

http://aroundus-azed.blogspot.co.id/2012/01/bagaimana-data-disimpan-dalam-komputer.html
http://searchstorage.techtarget.com/definition/storage

Data dari seluruh pengguna tidak hanya disimpan di satu tempat, alias tidak ada peyimpanan data terpusat untuk semua data dari seluruh dunia. Tetapi data-data disimpan di banyak server di seluruh dunia. Server juga komputer, tetapi komputer dengan ukuran besar dan memiliki fungsi yag berbeda. Terdiri dari sejumlah rak ukuran lemari yang dikenal dengan pusat data yang saling terhubung satu sama lain serta dengan internet. Setiap hari 2,5 Quintilion bytes data dibuat atau bisa ditulis dengan 2.500.000.000.000.000.000 byte data.

"Andaikan kita menaruh data-data tersebut dalam bentuk sebuah buku dan ditata, maka itu mampu untuk menutupi seluruh wilayah Amerika Serikat, atau China dalam tiga belas tumpuk buku. "-Dr. Martin Hillbert, University of Southern California dalam BBC Science in Action pada 2011-

http://www.datacenterknowledge.com/special-report-the-worlds-largest-data-centers/worlds-largest-data-center-350-e-cermak/