[DILAN 2 : Diskusi Online] Kenalan sama Zaitun yuk!

Apa itu Zaitun?
Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah atau sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras, dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan. Sayang sekali buah zaitun masih jarang bisa ditemukan di pasaran di Indonesia. Karena umumnya buah ini tumbuh di wilayah di negara-negara Mediterania. Akan tetapi perasan dari buah zaitun yang sudah tua yang berupa minyak akan mudah kita temukan di pasaran di Indonesia. Biasa dinamakan minyak zaitun atau olive oil yang manfaatnya sama besar dengan buahnya.
Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan:
1. Menghentikan rasa nyeri
Kandungan oleokantal dapat mencegah radang, mirip dengan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan obat antiradang lainnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat oles luka lecet, luka sobek, dan gangguan yang berisiko menimbulkan radang, bengkak, dan nyeri.
2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Kandungan antioksidan nabatinya sangat tinggi sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Cukup dengan minuet 2 sendok setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung,
3. Mencegah pikun
Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun berfungsi untuk menjaga struktur sel dan membran dalam otak, sehingga membantu mencegah hilangnya ingatan.
4. Mencegah Osteoporosis
Minyak zaitun membantu penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain untuk kesehatan, minyak zaitun banyak dimanfaatkan juga untuk perawatan kecantikan. Diantaranya:
a. Sebagai Pelembab Wajah
Caranya cukup oleskan pada wajah sembari dipijit ringan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
**manfaat-minyak-zaitun-untuk-wajah-dan-kulit-tubuh-alodokter **
Caranya dengan mencampur minyak zaitun dengan garam kasar, sebagai pengganti lulur.
c. Untuk perawatan kaki
Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke telapak kaki dan sekitar pergelangan kaki. Bungkus dengan kaus kaki dan kenakan selama tidur pada malam hari atau tunggu semalaman, kemudian bersihkan dipagi harinya. Bisa dilakukan juga pada bagian tangan. Lakukan hal ini secara rutin selama satu bulan untuk hasil yang maksimal.

sumber: Ibad, HM., Agus Ibnu. 2001. Pengobaan & Perawatan Kecantikan Secara Alami. Salatiga: Hasil Karya Putra Nusantara (HKPN).