Dibalik keindahan Tangkuban Perahu

Hai dictioners, kali ini aku mau membahas cerita misteri dari salah satu tempat wisata terkenal di daerah jawa barat, yaitu Tangkuban Perahu. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 30 kilometer di sebelah utara kota Bandung. Secara administratif kawasan Gunung Tangkuban Perahu sebelah selatan berada di bawah wilayah Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebelah Utara kecamatan Sagalaherang, dan sebelah timur laut kecamatan Jalancagak kabupaten Subang. Puncak gunung tertinggi di kawasan Tangkuban Perahu berada pada ketinggian 2.084 meter di atas permukaan air laut. Memiliki suhu rata-rata hariannya yaitu 17°C pada siang hari dan 2°C pada malam hari. Kawasan ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. banyak cerita misteri di gunung ini salah satunya adalah suara rintihan di Tangkuban perahun Ibu ratu adalah nama panggilan untuk Dayang Sumbi. Ia sering diminta bantuannya untuk meredakan aktivitas vulkanik Gunung Tangkuban Perahu melalui upacara ritual. Namun, sesekali ibu Ratu terdengar merintih, menyampaikan kepedihan hatinya. Bagaimana menurut kalian? apakah ada yang pernah mendengar kisahnya?

menurut sumber yang saya baca, tak hanya rintihan sang ratu lah yang menjadi misteri tersembunyi di tangkuban perahu, tetapi ada sebagai berikut

  1. Misteri Surga yang Tersembunyi di Tangkuban Perahu
    Keberadaan curug Cimuja terletak di kawasan paling hulu. Dahulu curug ini sering digunakan untuk memuja dan bersemedi memohon sesuatu. Pemujaan biasanya dilakukan pada malam hari. Bila sang pemuja sudah selesai menyampaikan doa-doanya, ia harus mandi pada malam hari di bawah tumpahan curug ini.

  2. Misteri Pemandian Tangkuban Perahu
    Menurut kepercayaan masyarakat dulu air keramat dan goa kahuripan merupakan sarana pemandian Putri Ratu Dayang Sumbi. Air keramat merupakan aliran air dari mata air dari atas puncak Gunung Tangkuban Perahu. Mulanya di atas itulah Dayang Sumbi mandi. Untuk menghindari ancaman binatang buas dan orang-orang jahat, akhirnya masyarakat membuat aliran air yang disalurkan dari puncak ke goa.

  3. Misteri Air Kahuripan Tangkuban Perahu
    Mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air kahuripan bisa dijadikan sarana berbagai pengobatan. Karena dengan mitos tersebut sampai sekarang banyak peziarah yang ngalap berkah di tempat ini. Selain mandi di air kahuripan dengan tujuan pengobatan, disisi lain bisa untuk menyegarkan badan dari perjalanan kaki yang sangat jauh.