Diagram apa saja yang dapat digunakan dalam melakukan identifikasi risiko?

Identifikasi resiko adalah usaha untuk menemukan atau mengetahui risiko - risiko yang mungkin timbul dalam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan. Identify risk adalah salah satu elemen penting dalam penilaian, pencegahan dan koreksi dalam manajemen proyek. Untuk melakukan identifikasi risiko maka diperlukan beberapa teknik yang dapat membantu dalam mengenali risiko - risiko yang mungkin akan terjadi. Salah satu teknik yang dapat digunakan yaitu Diagram Technique.

Diagram Technique adalah teknik yang cepat dan andal untuk menyempurnakan semua risiko, baik potensial maupun aktual yang memiliki tiga teknik. Apa saja Diagram Technique yang digunakan dalam identifikasi risiko?

1. Cause and Effect Diagram (Ishikawa Diagrams)

Cause and Effect Diagram (Ishikawa Diagrams) dikenal juga dengan diagram tulang ikan yang menggambarkan sebab dan akibat diciptakan oleh Kaoru Ishikawa di Jepang pada tahun 1968. Cause and Effect Diagram (Ishikawa Diagrams) menampilkan penyebab potensial dari sebuah masalah, yang digambarkan sebagai “off-tunas” atau tulang ikan, dan untuk hasil permasalahan digambarkan dengan “kepala ikan”. Untuk menentukan peneyebabnya maka dibantu dengan beberapa kategori selama sesi brainstorming yaitu Machine, Methods, Materials, Manpower, Environment dan Measurement. Berikut adalah contoh Ishikawa Diagram.

diagram ishikawa

2. Process Flow Diagram

Process Flow Diagram menggambarkan aliran umum suatu proses dari tindakan yang terdiri dari sebuah proses. Diagram ini berfungsi untuk dokumen, menganalisis dan memperbaiki proses. Berikut adalah contoh Process Flow Diagram.

Process Flow Diagram

3. Influence Diagram

Influence Diagram adalah sebuah representasi visual dari sebuah keputusan yang menawarkan cara intuitif untuk mewakili keputusan, ketidakpastian, tujuan, dan interaksi timbal balik mereka. Hal ini juga memungkinkan untuk berbagi informasi antara anggota tim yang tidak lengkap sehingga tetap dapat memecahkan masalah yang diungkapkan. Influence Diagram berguna untuk memilih risiko yang secara langsung dapat mempengaruhi hasil yang diinginkan. Influence Diagram memiliki konseptualisasi yang tinggi dan cepat sehingga tidak dimiliki oleh teknik lain. Berikut adalah contoh Influence Diagram.

Influence Diagram

Sumber :