Destinasi Wisata Paling Sureal di India, Bikin Takjub!

Great Rann of Kutch; Berjalan di atas hamparan pasir putih tak bertepi

image

Terkenal dengan gurunnya yang berpasir putih, Kutch adalah distrik paling barat di Gujarat yang berbatasan langsung dengan Pakistan. Meskipun terlihat tak ramai penduduk, kawasan ini menjadi hidup selama festival Rann Utsav yang biasa berlangsung dari bulan Desember hingga Maret.

Dalam festival gurun ini, para pelancong bisa menyaksikan berbagai kegiatan luar biasa seperti tarian rakyat, program budaya, balon udara, perkemahan, safari unta dan masih banyak lagi. Daerah ini terlihat sangat indah terutama selama malam bulan purnama. Kutch lebih baik dihindari saat musim panas karena suhunya yang tinggi.

Sundarbans, West Bengal; Mangrove terbesar di dunia

Inilah hutan satwa liar paling indah dan menyuguhkan pemandangan sureal di India. Sundarbans terletak di bagian selatan delta Bengali. Sundarbans yang terkenal sebagai hutan bakau terbesar di dunia, memiliki arti nama “hutan yang indah” di Bengali.

Selain beragam jenis burung dan populasi buaya, Sundarbans juga terkenal dengan populasi harimau Royal Bengal yang ganas dan tak segan memangsa manusia. Waktu terbaik untuk mengunjungi Sundarbans adalah pada musim dingin.

Pangong Lake, Ladakh; Perpaduan alam yang sempurna

Buat yang pernah nonton film 3 Idiots dan Jab Tak Hai Jaan, pemandangan danau Pangong pasti udah gak asing lagi! Tempat indah ini memang semakin menjadi sorotan sejak film Bollywood itu dirilis. Danau ini terletak sekitar 50 km dari Leh, ibu kota Ladakh dan berbatasan dengan Cina (Tibet) di sisi timur.

Letaknya ada pada ketinggian 4.350 m, yang menjadikannya di antara danau tertinggi di India. Hal yang menarik dari destinasi ini adalah warna air danaunya yang bisa berbeda sepanjang hari sesuai dengan bergulirnya waktu. Tempat ini sering menjadi incaran para fotografer. Sering pula pengunjung berkemah untuk menikmati bintang malam yang membuat danau semakin eksotis.

Danau Pangong dan sebagian besar tempat wisata di kota Leh sebaiknya dikunjungi hanya selama musim panas yaitu Juni hingga September, karena suhu yang sangat rendah di musim dingin.

Cobain ke Dzuko Valley, Kohima, Nagaland; Lekukan hijau yang mencium awan. Pegunungan ini hanya terletak 25 km dari Kohima, ibu kota Nagaland. Lembah Dzuko seperti belahan kecil syurga yang hadir di dunia. Terletak di ketinggian hampir 1500 m di atas permukaan laut, tempat surealis ini berubah menjadi kombinasi indah antara hijau dan putih.

Bunga lili dan beragam jenis bunga lainnya akan mekar sempurna selama musim dingin dan musim semi. Bulan Maret hingga Juni dan Oktober-November adalah bulan terbaik untuk mengunjungi Lembah Dzukou.