Demokrasi Pancasila Indonesia

Indonesia merupakan salah satu yang menganut sistem demokrasi, yang berarti sistem pemerintahannya diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi tercermin dari terselenggaranya pemilihan umum (pemilu) contohnya dalam hal pemilu adalah presiden dan wakil presiden di Indonesia .
Demokrasi di Indonesia sendiri memiliki keunikan karena menganut sistem demokrasi pancasila. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang berdasarkan sila pancasila yang dilihat sebagai suatu keseluruhan yang utuh, dalam demokrasi ini musyawarah untuk mufakat sangat di harapkan dalam setiap mengambil keputusan, jika tidak tercapai mufakat maka akan di ambil pemungutan suara
Alasan negara Indonesia memilih demokrasi pancasila ialah karena bangsa indonesia yang pluralisme (Memiliki Keberagaman) dalam aspek apapun. Dan juga hal ini sesuai dengan dasar negara kita yaitu Pancasila yang merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara indonesia, maka dari itu pancasila harus di jadikan pedoman dalam kehidupan masyrakat dan bernegara .

Referensi : kompas.com/skola
https://www.cryptowi.com

1 Like

Materinya menarik, sedikit menambahkan adapun prinsip-prinsip demokrasi pancasila sebagai berikut ini:
» Hak asasi manusia setiap warga negara dilindungi.
» Semua pengambilan keputusan harus didasarkan pada musyawarah.
» Pemilihan umum yang kompetitif dan adil
» Apa yang menjadi cita-cita nasional dan tujuan negara Indonesia harus didukung dan dilaksanakan.
» Hadirnya partai politik atau organisasi sosial politik adalah menampung berbagai aspirasi rakyat
» Rakyat adalah yang menentukan kedaulatan negara ini dan kedaulatan negara harus terlaksana sesuai dengan UUD1945 yang tertuang pada pasal 1 ayat 2.
» Pelaksanaan kedaulatan rakyat sifatnya bebas dan bertanggung jawab.
» Dalam menjalankan sistem pemerintahan Indonesia, maka negara harus menjalankannya sesuai dengan aturan hukum yang tertuang di UUD 1945, bukan hanya dilaksanakan sesuai dengan kekuasaan yang berlaku.
» Kekuasaan paling tinggi semuanya ada di tangan rakyat dan tidak boleh ada yang mengganggunya, sekalipun itu pemerintahan tertinggi negara ini.
» Negara menggunakan sistem konstitusi dalam menjalankan pemerintahannya dan tidak boleh ada absolutisme. Absolutisme adalah prinsip atau pelaksanaan kekuasaan penuh dan tidak terbatas dalam pemerintahan.

Sc: https://www.cryptowi.com/demokrasi-pancasila/

1 Like

Menarik banget nih artikelnya. Seperti yang udah kita tahu juga negara Indonesia uda banyak mengalami pasang surut pergantian sistem pemerintahan, hingga akhirnya saat ini menganut sistem demokrasi pancasila. Lalu sekiranya kapan sih sistem demokrasi pancasila tidak lagi ideal digunakan di Indonesia? akankan dengan hal itu Indonesia mengalami perubahan sistem pemerintahan lagi seperti dahulu? Thanks before :wink:

Yap! Aku setuju dgn artikel ini. Secara formal demokrasi merupakan dasar dari kebanyakan negara di dunia dan hanya Indonesia yg memiliki keunikan tersendiri dlm menganut sistem demokrasi pancasila. Aku jg mau mengutip kalimat dari buku “Dasar-dasar Ilmu Politik”, menurut suatu penelitian yg diselenggarakan oleh UNESCO dlm thn 1949, “mungkin untuk pertama kali dlm sejarah demokrasi dinyatakan sebagai mana yg paling baik dan wajar untuk semua sistem organisasi politik dan sosial.”