Dawet goreng manis

Bagi sebagian orang mungkin masih belum tahu apa itu dawet goreng. Sejenis makanan ataukah minuman. Lalu seperti apakah keunikan kuliner khas asal Purworejo, Jawa Tengah ini?

Pernahkan anda minum es dawet? Ya, minuman khas yang terdiri dari cendol dan pemanis dari gula kelapa ini memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia terutama masyarakat Jawa. Namun di Kabupaten Purworejo, dawet tidak hanya dijadikan sebagai minuman saja, melainkan juga sebagai makanan yang unik dan biasa disebut dawet goreng.

Salah satu penjual dawet goreng Suwarni (45) warga Desa Pandanrejo, Kecamatan Kaligesing menuturkan bahwa nama dawet goreng sendiri bukan karena dawet yang digoreng, melainkan bumbu dan racikan lainnya lah yang digoreng. Kuliner khas unik yang dijual oleh Suwarni di pinggir jalan sudut desa ini selalu habis tidak bersisa diserbu pembeli.

“Namanya dawet goreng, ya dawet kan udah biasa ini yang unik kan gorengnya itu, bumbu-bumbunya semua digoreng, bukan dawetnya. Ada sambel, ada bawang goreng, ada tahu terus dikasih toge,” ucap Suwarni ketika ditemui detikcom sembari melayani pembeli, Jumat (13/4/2018).