David Koch : Wakil Presiden Koch Industries

Biographi

Lahir: 3 Mei 1940 Wichita, Kansas, Amerika

Kedudukan: Wakil Presiden Koch Industries

Kekayaan bersih: US $ 47,5 miliar (April 2017)

Orangtua: Fred C. Koch dan Mary Robinson

Pasangan: Julia Margaret Flesher

Saudara kandung: Charles Koch, Bill Koch, Frederick R. Koch

Anak: Mary Julia Koch, John Mark Koch, David Koch Jr.

Pendidikan: Institut Teknologi Massachusetts (1963), Institut Teknologi Massachusetts (1962), Deerfield Academy (1959)

David Hamilton Koch adalah seorang pengusaha Amerika, filantropis, aktivis politik, dan insinyur kimia. Ia bergabung dengan bisnis keluarga Koch Industries, konglomerat yang merupakan perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat, pada tahun 1970. Ia menjadi presiden dari anak perusahaan Koch Teknik pada tahun 1979, dan menjadi co-pemilik Koch Industries, dengan yang lebih tua saudara Charles, pada 1983. Dia sekarang menjadi wakil presiden eksekutif.

Koch adalah calon Wakil Presiden Amerika Serikat 1980 dari Partai Libertarian Amerika Serikat dan membantu membiayai kampanye. Condé Nast Portfolio menggambarkan dia sebagai “salah satu dermawan yang paling rendah hati di Amerika”. Koch telah memberikan kontribusi ke beberapa badan amal termasuk Lincoln Center, Sloan Kettering, sebuah klinik kesuburan di New York-Presbyterian Hospital dan Museum Amerika Sejarah Alam David H. Koch Dinosaur Wing, The New York State Theater di Lincoln Center, rumah New York City Ballet berganti nama menjadi David H. Koch Theater pada 2008 dan menghabiskan biaya sebesar 100 juta dolar untuk renovasi teater. Koch merupakan orang terkaya keempat di Amerika pada tahun 2012, dan warga terkaya di New York City pada tahun 2013. Dia adalah kesembilan orang terkaya di dunia.

Kehidupan Dan Pendidikan
Koch lahir di Wichita, Kansas, Maria (née Robinson) dan Fred Chase Koch, seorang insinyur kimia. Kakek dari pihak ayah David, Harry Koch, adalah seorang imigran Belanda yang mendirikan surat kabar Quanah Tribune-Chief dan pemegang saham pendiri Quanah, Acme dan Pacific Railway. David adalah anak ketiga dari empat bersaudara, dengan saudara yang paling tua adalah Frederick R. Koch, Charles Koch, dan Bill Koch.

Koch bersekolah di Deerfield Academy di Massachusetts, dan lulus pada tahun 1959. Koch melanjutkan ke Massachusetts Institute of Technology (MIT), mendapat gelar sarjana (1962) dan gelar master (1963) di bidang teknik kimia. Koch merupakan anggota dari Persaudaraan Beta Theta Pi. Koch bermain basket di MIT, rata-rata 21 poin per game di MIT selama tiga tahun, yang menjadi rekor di sekolahannya.

Karir di Koch Industries

Pada tahun 1970, Koch bergabung Koch Industries dibawah pimpinan saudaranya Charles, untuk bekerja sebagai manajer teknis-jasa. Ia mendirikan kantor perusahaan New York dan pada tahun 1979 ia menjadi presiden divisi sendiri, Koch Engineering, dan berganti nama Chemical Technology Group. Pada tahun 1985, Koch Industries digugat oleh Bill Koch dan Frederick R. Koch untuk pertama kalinya dalam serangkaian panjang tuntutan hukum tentang kepemilikan, yang berlangsung sampai tahun 2001. Pada 2010, David Koch mendapatkan 42 persen dari Koch Industries, seperti halnya Charles.

Karir politik

Koch adalah calon wakil presiden dari Partai Libertarian dalam pemilihan presiden tahun 1980, berbagi tiket partai dengan calon presiden Ed Clark. Tiket Clark-Koch berjanji untuk menghapuskan Jaminan Sosial, Dewan Federal Reserve, kesejahteraan, hukum upah minimum, pajak perusahaan, semua dukungan harga dan subsidi untuk pertanian dan bisnis, dan US Federal lembaga termasuk SEC, EPA, ICC, FTC, OSHA, FBI, CIA, dan DOE. Tiket menerima 921.128 suara, 1% dari total suara nasional, menunjukkan tiket nasional Libertarian terbaik pada 2009 dalam hal persentase.

Pemikiran David Koch

Koch menganggap dirinya liberal sosial, mendukung hak perempuan untuk memilih, hak-hak gay, pernikahan sesama jenis dan Koch mendukung penelitian sel induk. Ia menentang perang terhadap narkoba. Koch mendukung kebijakantentang kebebasan individu dan prinsip-prinsip pasar bebas, Koch juga menentang perang Irak karena menghabiskan banyak uang dan merenggut banyak nyawa warga Amerika.

Koch mengkritik beberapa kebijakan Presiden Obama. Sebuah artikel dari Weekly Standard, merinci “meninggalkan obsesi” dengan saudara Koch, mengutip Koch yang menyatakan bahwa Obama adalah “presiden yang paling radikal yang pernah kita miliki sebagai sebuah bangsa dan telah melakukan lebih banyak kerusakan pada sistem perusahaan bebas dan kemakmuran jangka panjang daripada presiden yang pernah kita miliki”.

Koch dan Kesehatan

Pada tahun 1992, Koch didiagnosa menderita kanker prostat. Ia menjalani radiasi, pembedahan, dan terapi hormon, tetapi kanker tersebut tetap kembali. Pengalamannya melawan kanker telah mendorongnya untuk mendanai penelitian medis. Koch menyumbang setidaknya $395 juta untuk lembaga penelitian medis. Koch duduk di Dewan Direksi Yayasan Kanker Prostat dan telah memberikan kontribusi $41 juta kepada Yayasan, termasuk $5 juta untuk proyek kolaborasi dibidang nanoteknologi.

Pada tahun 2007, ia memberikan kontribusi$100 juta untuk Massachusetts Institute of Technology untuk membantu mendanai pembangunan 350.000 kaki (33.000 m2) riset dan teknologi untuk melayani rumah dari David H. Koch Institute untuk Riset Kanker Integratif. Ia telah memberikan total $185 juta untuk MIT sejak bergabung dengan MIT Coprporation di tahun 1988.

Referensi

http://arsippublik.blogspot.co.id/2015/10/biografi-david-h-koch-1.html, diakses pada senin 11 September 2017 pukul 20:51
http://profilbos.com/2014/08/15/profil-boigrafi-david-koch/, diakses pada senin 11 September 2017 pukul 21:06
http://julianda123.blogspot.co.id/2014/05/david-koch.html, diakses pada senin 11 September 2017 pukul 21:16
https://en.wikipedia.org/wiki/David_Koch, diakses pada selasa 12 September 2017 pukul 13:54