Data masukan apa saja yang digunakan untuk melakukan quantitative risk analysis ?

P

Quantitative analysis merupakan salah satu alat yang digunakan untuk melakukan analisis kegiatan keuangan, membuat keputusan, dan keputuan bisnis. Apa saja yang dapat menjadi input dalam quantitative analysis?

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/magnifying-glass-data-analysis_761448.htm

Sumber data yang bisa digunakan untuk melakukan analisis kuantitatif antara lain:

  1. The risk register, berisi seluruh daftar risiko-risiko yang teridentifikasi pada proyek, termasuk informasi mengenai tanggapan dan catatan mereka mengenai risiko tersebut.

  2. The risk management plan, dokumen yang berisi tentang strategi untuk mengelola risiko, menetukan level risiko, siapa yang akan bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan pengelolaan risiko, aspek waktu dan biaya dari setiap aktivitas risiko, serta bagaimana risiko itu akan terjadi.

  3. Schedule management plan, karena risiko berkaitan dengan skala waktu, maka dokumen ini berguna agar waktu dapat dikuantifikasi dengan mudah.

  4. Cost management plan, dokumen ini berguna karena risiko berkaitan pula dengan baiaya.

  5. Organisational process assets, terdiri dari template risiko, prosedur atau panduan kebijakan, pelajaran yang dapat diambil dari proyek sebelumnya atau yang serupa, serta berbagai quantitative risk tools.

Sumber: https://www.pm-primer.com/perform-quantitative-risk-analysis/