Darimanakah asal anjing Shar pei?

Darimanakah asal anjing shar pei berasal?

Anjing Shar-Pei atau yang dikenal sebagai Chinese Sharpei adalah anjing yang berasal dari kota kecil yang bernama Dah let di provinsi Kwan tung, China. Konon sekitar 2000 tahun yang lalu, Shar-Pei telah dikenal di China sebagai anjing petarung ( Chinese fighting dog ) dan anjing penjaga ternak. Diperkirakan Shar-Pei adalah hasil pembiakan silang antara Chow Chow dan anjing kelompok Mastiff

Pada tahun 1950 hingga tahun 1970, populasi Shar-Pei di China menurun drastis dan hampir punah , karena pemerintah China saat itu melarang pembiakan anjing karena negara sedang mengalami kekurangan pangan.

Pada tahun 1970, Mr. Matgo Law, seorang pecinta anjing dari Hongkong tergerak untuk menyelamatkan Shar-Pei dari kepunahan . Beliau menyelamatkan sejumlah Shar-Pei dari China dan mengembangbiakkan di Hongkong.

Pada tahun 1973, Mr. Matgo Law mengetuk hati para pecinta anjing di USA untuk menyelamatkan anjing yang unik dan langka didunia. Sambutan luar biasa datang dari pecinta anjing di USA, mereka mengimpor Shar-Pei dari Hongkong dan dikembang biakkan di USA.

Pada tahun 1974, dibentuk Chinese Shar-Pei Club of America ( CSPCA ) untuk menetapkan standard Shar-Pei yang baik. Para pembiak USA melakukan pembiakan secara profesional, dimana pada awalnya banyak permasalahan kesehatan pada trah baru tersebut. Permasalahan kesehatan seperti Hipdyplasia, entropión ( penyakit mata) dan penyakit kulit pada awalnya cukup banyak ditemui pada Shar-Pei, namun berkat pembiakan profesional yang baik selama 30 tahun ( 1973 – 2000 ) hal-hal tersebut saat ini sudah jarang terjadi. Pembiak profesional yang bertanggung jawab tidak akan membiakan anjing yang memiliki penyakit yang bisa menurun.

Pada tahun 1991, Shar-Pei diakui oleh American Kennel Club ( AKC ) sebagai anjing ras murni, pada saat itu penggemar Shar-Pei melonjak drastis sehingga tercatat lebih dari 40.000 ekor.

Anjing Shar-Pei modern ( mulai tahun 1990-an ) menjadi anjing ras yang popular karena keunikannya, banyak kerutan / lipatan kulit dan memiliki moncong kuda Nill ( Hipopotamus muzzle / tebal dan tumpul ).

Anjing Shar-Pei yang dulu dikenal banyak penyakit kulit, saat ini sudah tidak banyak lagi, dengan catatan Shar-Pei yang berasal dari pembiakan yang baik ( keturunan / blood line yang baik ), memang masih ada beberapa pembiak yang kurang bertanggung jawab, yang membiakkan Shar-Pei yang masih memiliki keturunan penyakit.

Sejak tahun 1991 AKC mengakui Shar-Pei berikutnya klub-klub di Eropa seperti FCI, Kennel Club ( UK ) dan ANKC ( Australia ) juga mengakui anjing ras Shar-Pei yang berasal dari China dan dikembang biakkan secara modern ( murni ) di USA.

Jadi Shar-Pei menjadi anjing ras baru karena memang masih baru diakui dan masih baru dikembang biakkan secara modern ( murni ) sekitar 30 tahunan ( Sejak 1973 ).

sumber: Anjing ChineseShar-Pei - Jenis Anjing Ras - AnjingKita.Com