Darimana asal tinta cumi - cumi?

Cumi-cumi

Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda yang dalam bahasa Yunani berarti ‘kaki kepala’ besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Kenapa begitu? Karena cumi-cumi memiliki kaki yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.

Tinta cumi-cumi berasal dari dalam tubuh cumi-cumi di sebuah organ yang letaknya di ujung juluran panjang yang menonjol ke depan, di sanalah tinta cumi-cumi diproduksi. Cairan tinta cumi-cumi bersifat alkaloid (pahit dan beracun), yang mengandung butir-butir pigmen hitam.

Tinta hitam merupakan salah satu “senjata” cumi-cumi untuk mempertahankan dirinya dari serangan predator. Karena tinta cumi-cumi pahit dan beracun, maka cumi-cumi sangat tidak disukai oleh predatornya, misalnya ikan.

Tinta cumi-cumi


Karakteristik yang dimiliki cumi-cumi adalah adanya kantung tinta yang terdapat di atas usus besar yang bermuara di dekat anus sebagai benteng pertahanan dan perlawanan yang akan berkontraksi dan mengeluarkan cairan berwarna hitam ketika diserang musuh sehingga membentuk awan berwarna hitam di sekelilingnya yang memungkinkan cumi-cumi terhindar dari predator lain (Agusandi, dkk., 2013).

Cumi-cumi seperti Chepalopoda lainnya yang mempoduksi tinta sebagai pertahanan dirinya. Tinta pada cumi-cumi dibuat dari pigmen gelap bernama melanin, yang tersuspensi di lendir kental bersama dengan sedikit asam amino. Tinta cumi berwarna biru kehitaman, sedangkan tinta sotong berwarna coklat dan tinta gurita berwarna hiam pekat. Berikut ini gambar anatomi Cumi-cumi, berikut ini :

image

Untuk memproduksi tinta, cumi-cumi memiliki organ khusus bernama kelenjar tinta dan kantung tinta. Tinta secara terus menerus dibuat oleh sel kelenjar tinta, ketika sel penuh sel akan dihancurkan dan dikosongkan dari tinta. Tinta dari sel kelnjar kemudian akan ditampung didalam kantung tnta. Kantung tinta ini tehubung dengan saluran akhir di usus, yang terbuka dan dinamakan dengan siphon (tempat cumi-cumi menyemprotkan tintanya).

Ketika cumi-cumi merasakan bahaya, cumi-cumi akan memeras kantung tinta dan mengeluarkannya melalui shipon. Tinta yang baru keluar akan bercampur dengan air dan cumi-cumi akan berenang menjauh dengan arah yang berlawanan.

1 Like