Darimana asal permainan tradisional Laliang dan cara bagaimana memainkannya?

Setiap daerah di Indonesia terkadang memiliki permainan tradisional yang hampir mirip. Perbedaannya adalah penambahan aturan main tertentu dan nama permainan tradisionalnya.

Permainan sepak bola api ini merupakan permainan tradisional khas Indonesia, yang biasanya dimainkan pada malam hari. Permainan ini dilakukan oleh dua tim dengan menggunakan bola yang terbuat dari sabut kelapa yang dibakar. Untuk bolanya, dibuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan terlebih dahulu airnya dibuang. Lalu bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Tujuannya supaya minyak meresap ke dalam serat-serat bola kelapa tersebut. Aturan dalam permainan ini juga hampir sama dan tidak berbeda jauh dengan permainan sepak bola pada umumnya, yaitu terdiri dari dua gawang. Satu tim terdiri dari lima orang pemain dan lapangan yang digunakan juga tidak berbeda dengan luas lapangan bola basket. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit. Bagi tim yang banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka tim tersebut yang dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan.

Konon sebagian orang berpendapat, bahwa permainan ini sering dimainkan oleh para santri?-santri di Pesantren. Permainan ini memiliki syarat khusus (Ritual) sebelum memainkannya. Ritual tersebut diantaranya puasa selama satu bulan yang bertujuan untuk membersihkan diri, menghindari makanan yang dimasak dengan api, dan membaca bacaan khusus yang tiap daerah mungkin berbeda karena memiliki keyakinan yang berbeda. Tetapi semua itu mempunyai tujuan sama, agar tubuh pemain yang terkena bola api tidak merasakan panas saat memainkannya.

Laliang mrupakan sepak bola api yang berasal dari sumbawa. Permainan tradisional ini sangat memicu adrenalin pemainnya karena bola tersebut diselubungi api yang membara. Jadi, cara menendang bolanya pun harus tepat agar kaki atau sepatu tidak terbakar. Cara memainkan permainan tradsional ini sama seperti sepak bola biasa hanya saja bolanya diberi pijaran api. Permainan ini harus dimainkan oleh orang dewasa, karena syarat untuk memainkannya perlu teknik yang benar dan ritual khusus. Bahaya jika yang memainkan bola api adalah anak?-anak tanpa pengawasan orang dewasa.

Selain itu, permainan ini juga melatih keberanian untuk tidak takut akan bahaya yang diterima karena permainan ini bisa melukai tubuh akibat panasnya bola api. Salah satu permainan tradisional ini memiliki unsur kebersamaan, dengan mengutamakan sportifitas juga kekompakan. Apalagi permainan ini dapat dinikmati oleh para pemain maupun penontonnya sehingga kerukunan dapat tercipta.