Dalam Membuat Produk, Penting Mana Antara Kualitas Atau Kuantitas?

Setiap produk yang dihasilkan tentunya memiliki kelebihan masing-masing. Tengoklah untuk sabun mandi, ada banyak varian dengan kelebihan masing-masing. Ada yang bermain pada kelas sabun kecantikan, sabun kesehatan atau sabun herbal. Kemasan dan kualitas yang diusung pun menyesuaikan dengan segmen pasar yang dibidik. Ada yang berharga ribuan bahkan ada yang ratusan ribu. Ada pula produk yang diproduksi massal dengan menggunakan mesin pabrik namun ada pula yang dibuat dengan keterampilan tangan. Misalnya pengrajin perak, pengrajin emas, pengrajin batik tulis dimana keindahan dan sentuhan seni memang dilakukan melalui sentuhan tangan. Sehingga kualitas tinggi namun dari segi kuantitas kurang banyak.

Nah, Bagaimana kaitan antara kualitas dan kuantitas produk, mana yang lebih penting? Tulis pendapat kalian di kolom komentar yaa.

Dalam opini saya, kualitas dan kuantitas dari sebuah produk harus di perhatikan secara seimbang yang dimana patut diingat jika Kualitas mempengaruhi kuantitas.

Kualitas dari sebuah produk merupakan kunci utama untuk membuat produk yang dipasarkan ke konsumen tersebut dikenal luas dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas karena memang yang menjadi fokus utama konsumen dalam membeli suatu produk tertentu adalah kualitas dari produk tersebut. Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, sebuah produsen atau perusahaan dianggap mampu melakukan proses produksi yang efektif dan efisien, serta produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan sehingga jumlah produk defect atau barang cacat dapat ditekan sekecil mungkin (zero waste)

Kualitas yang ada di dalam sebuah produk juga mempengaruhi reputasi di produsen atau perusahaan yang membuatnya. semakin bagus kualitas produk yang dihasilkan, semakin baik pula citra dan reputasi produsen dan perusahaan yag memproduksinya. Ditambah dengan segmentasi pasar yang cermat dan jeli untuk menentukan target konsumen dari produk yang akan dipasarkan, juga sangat membantu untuk menyeimbangkan urusan kualitas dan kuantitas.

aku sebagai konsumen lebih memilih kualitas barang untuk dibeli. apakah tahan lama, apakah bahan yang digunakan aman dan sesuai standar, ataupun kualifikasi lainnya yang menunjang kualitas produk. jadi menurutku produsen akan lebih baik memenntingkan kualitas daripada kuantitas. karena jika kuantitas yang diperhatikan dan tidak banyak konsumen yang tertarik akan menjadi sia-sia. tapi jika lebih memperhatikan kualitas maka konsumen tidak akan segan membeli banyak.

1 Like

Menurutku yang terpenting adalah kualitas. seorang konsumen akan memilih dan membeli sebuah barang tentu nya dengan kualitas yang bagus, cocok dengan keperluan mereka dan ketika mereka merasa cocok dengan barang tersebut mereka akan menjadi konsumen tetap dari barang tersebut. sehingga semakin banyak konsumen yang suka barang tersebut disinilah peran kuantitas di perlukan.