Daftar Makanan yang Wajib Dikonsumsi Sebelum Anda Donor Darah


Donor darah adalah cara yang aman untuk membantu orang lain mendapatkan darah. Akan tetapi, donor darah dapat menimbulkan beberapa efek samping yang mengganggu jika tidak dipersiapkan dengan baik, seperti kelelahan dan anemia. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat sebelum mendonorkan darah bisa membantu mengurangi risiko Anda untuk mengurangi efek sampingnya. Sudah tahu apa saja makanan sebelum donor darah yang wajib dimakan?

Mendonorkan darah memang bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih sehat. Tapi beberapa orang terkadang merasa lemas atau pusing sesaat setelah menyumbangkan darahnya. Karena itu, ada baiknya Anda melakukan persiapan yang membuat produksi darah lebih prima.

Meski memenuhi syarat sebagai pendonor, tidak sedikit orang yang merasa pusing atau lemas sesaat setelah melakukan donor darah. Salah satu cara untuk meminimalkan risiko tersebut, sebaiknya Anda memantau makanan yang dikonsumsi sebelum dan sesudah donor darah.

Makanan kaya zat besi

Kadar hemoglobin pendonor akan diperiksa selama proses screening. Beberapa tetes darah diambil dengan tusukan jari untuk memastikan Anda memiliki kadar zat besi yang cukup untuk disumbangkan.

Zat besi dikombinasikan dengan protein tertentu, menjadi hemoglobin dalam sel darah merah. Makan makanan kaya zat besi sebelum donor darah penting karena makanan ini membantu mempromosikan regenerasi darah. Pastikan menu makanan Anda sebelum menyumbangkan darah meliputi makanan seperti daging tanpa lemak, telur, biji-bijian, roti, sereal, kentang, sayuran berdaun hijau, buah-buahan kering, kacang-kacangan dan molase.

Sumber : health.detik.com